Mengenal Jenis Rempah-Rempah Penyedap Masakan dan Macam-Macamnya Lebih Jauh

Mengenal Jenis Rempah-Rempah Penyedap Masakan dan Macam-Macamnya Lebih Jauh

Sekarang ini sudah bukan rahasia lagi bila dalam dunia kuliner, Indonesia adalah juaranya. Karena memiliki banyak sekali pilihan rempah-rempah yang bisa dijadikan sebagai penyedap masakan. Banyak sekali aneka rempah-rempah di Indonesia yang membuat aroma cita rasa masakan semakin kuat dan nikmat.

Misalnya saja seperti masakan soto Lamongan, rendang, sate Madura, dan rendang, semua kuliner tersebut memiliki ciri khas rasa tersendiri di Indonesia. Karena resepnya menggunakan rempah-rempah pilihan.

Macam-Macam dan Jenis Rempah-Rempah Penyedap Masakan

Ada banyak jenis rempah-rempah yang sering digunakan untuk penyedap masakan, yaitu berbentuk daun dan biji-bijian. Beberapa pilihan jenis rempah-rempah tersebut umumnya rasa dan bentuknya tidak sama. Maka dari itu, supaya tidak salah memilihnya, simak penjelasan macam dan jenisnya di bawah ini:

1.Daun salam adalah rempah-rempah berbentuk daun yang dikenal dengan sebutan bay leaf. Daun salam umumnya tidak akan memberi rasa yang spesifik, namun rempah-rempah ini mampu mendukung cita rasa sebuah masakan menjadi lebih segar dan menarik.

2.Jahe adalah jenis rempah-rempah yang sering digunakan untuk penyedap masakan dan minuman herbal. Ada 2 jenis jahe di Indonesia, yaitu berwarna putih dan merah. Jahe merah memiliki kandungan minyak atsiri lebih tinggi daripada jahe putih. Sehingga rasanya menjadi lebih pedas.

3.Kencur juga termasuk rempah-rempah yang sering dimanfaatkan untuk membuat sayur bening menjadi lebih segar. Selain memberikan kesegaran pada masakan berkuah bening, kencur juga memiliki banyak manfaat untuk menghilangkan stress, mengobati batuk, dan diare.

4.Kemiri adalah rempah-rempah yang rasanya khas dan gurih. Jenis rempah-rempah ini disebut juga dengan candlenut karena selain bisa menyedapkan masakan, namun juga berguna untuk menjaga kesehatan. Karena kemiri bisa mengobati sariawan serta meredakan masalah nyeri saat sakit gigi.

5.Kunyit, jenis rempah-rempah ini memiliki warna yang khas yaitu kuning terang dan bisa sangat menempel saat terkena kulit. Maka dari itu, kunyit sering dimanfaatkan untuk pewarna alami makanan. Selain itu, kunyit juga efektif untuk mengatasi masalah perut kembung.

6.Pala, jenis rempah-rempah ini berguna untuk menjaga sistem metabolism dalam tubuh agar lebih sehat. Rempah-rempah ini biasa disebut dengan ground nutmeg yang berasal dari tanaman pala. Biasanya jenis rempah ini sering digunakan untuk pembuatan manisan dan bijinya sering dimanfaatkan untuk penyedap masakan. 

7.Kayu manis, jenis rempah ini memiliki aroma yang masih sedap. Dengan memanfaatkannya, Anda bisa menggunakannya untuk penambah citarasa kue, minuman, dan aneka masakan yang lain. Kayu manis efektif untuk mengontrol kadar gula dalam darah agar lebih terkontrol dengan baik.

8.Sereh, pewangi masakan ini efektif menambah cita rasa pada masakan. Sereh atau lemongrass ini bisa dijadikan sebagai perasa makanan seperti lemon atau jeruk yang biasa digunakan untuk penambah rasa citrus. Dengan memakai sereh akan membuat aroma dan rasa masakan menjadi lebih kuat dan segar.

9.Daun ketumbar, jenis rempah-rempah ini bisa membuat tampilan masakannya menjadi lebih indah. Selain aromanya harum, jenis rempah-rempah ini sering digunakan untuk penambah rasa segar pada masakan berkuah seperti bakso dan sup.

Jadi itu tadi adalah macam-macam dan jenis rempah-rempah yang bisa membuat masakan menjadi lebih sedap. Dengan mengenal varian di atas, tentunya hal tersebut akan membantu Anda untuk menemukan jenis rempah-rempah yang sesuai dengan kebutuhan memasak Anda selama ini.


Beriklan Jadi Lebih Mudah

Bagikan :