Tips Jualan Online dengan Sistem PO

Tips Jualan Online dengan Sistem PO

Setelah kemarin kita bahas tentang serba-serbi jualan pake sistem PO, sekarang kita kupas bareng tips untuk membangun bisnisnya yuk. Karena memulai sebuah bisnis tentunya harus dibarengi dengan pengetahuan yang cukup dan kreasi serta inovasi yang akan dilakukan untuk membuat bisnis Anda semakin berkembang. Apa aja si tips yang bisa dipraktekkan?

1. Pahami mutu produk yang akan dijual

Karena dengan PO berarti pembeli akan menunggu terlebih dahulu sampai barangnya siap dikirim, maka pastikan Anda menjual produk yang berkualitas baik. Tentunya Anda ingin penantian yang sudah dilakukan oleh pembeli sebanding bukan dengan apa yang akhirnya mereka dapatkan?

2. Pilih agen/produsen yang terpercaya

Demi lancarnya bisnis yang Anda jalankan, adalah sebuah keharusan bagi Anda untuk bekerja sama dengan agen/produsen yang mempunyai kredibilitas baik dan teruji kualitas produk yang dibuat atau dipasarkan. Ada baiknya sebelum memutuskan bekerja sama dengan sebuah agen/produsen, Anda melakukan cek dan ricek terlebih dahulu bagaimana agen/produsen tersebut selama ini dalam menjalankan bisnis. Carilah beberapa pilihan hingga Anda tentukan satu yang terbaik untuk Anda ajak kerja sama. Sebaiknya si pilihlah yang reputasinya bagus, produk jualannya bermutu oke, dan harganya bersaing.

3. Pasang target penjualan

Mulailah dengan membuat target yang kecil, kemudian seiring berjalannya waktu tingkatkan target tersebut sedikit demi sedikit. Anda akan merasa mempunyai tujuan dan arah yang jelas untuk dicapai dan termotivasi memikirkan inovasi apa yang harus Anda lakukan dalam mencapai target tersebut.

4. Tentukan waktu buka PO yang tepat

Manfaatkan momen akhir hingga awal bulan di mana kebanyakan orang baru saja menerima gaji mereka. Tentunya di waktu inilah juga mereka mencari-cari penjual yang menyediakan produk yang dibutuhkan. Tidak heran kan kalau selama ini banyak penjual yang telah memanfaatkan juga momen tersebut?

5. Dokumentasikan pesanan dengan rapi dan detail

Semua pesanan yang masuk hendaknya dicatat dengan rapi agar nantinya ketika pesanan sudah akan diproses, sangat memudahkan pengaturan dan meminimalkan error. Tuliskan semua data penjual dengan detail, dan juga pesanan mereka.

6. Beriklanlah dengan kata-kata yang menarik

Banyak produk yang dijual dengan sistem PO adalah produk yang langka di pasaran. Sehingga pembeli yang betul-betul berminat rela menunggu beberapa waktu untuk mendapatkannya. Buatlah kata-kata iklan yang menarik, atau bahkan berikan bonus atau diskon bila memungkinkan untuk lebih menarik pembeli.

7. Buat alur PO yang jelas

Pembeli akan mudah memahami sistem PO yang Anda terapkan jika penjelasan yang Anda berikan mudah untuk dicerna. Hal ini akan meminimalkan adanya complain tentang lama waktu pemesanan dll. Beberapa hal yang perlu Anda cantumkan dalam informasi saat open PO seperti jadwal buka dan tutup PO, minimal order, jangka waktu produksi, estimasi waktu pengiriman barang, serta cara pembayaran.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda pertimbangkan saat akan memulai bisnis dengan sistem PO. Beberapa hal lain bisa Anda temukan sendiri ketika telah menjalankan bisnisnya. Persaingan yang cukup ketat mengharuskan Anda mempunyai ketangguhan untuk terus semangat berinovasi dan berkreasi agar bisnis Anda terus berjalan. Jadi, Anda mau open PO produk apa di Opeo?

Cover Source : https://www.freepik.com/photos/sale

Pre Order Jauh Lebih Mudah

Bagikan :