Menu Makanan Berbuka yang Bisa Memulihkan Tenaga

Menu Makanan Berbuka yang Bisa Memulihkan Tenaga

Bulan Ramadhan merupakan bulan yang istimewa dan selalu dinantikan oleh umat Islam seluruh dunia kedatangannya. Di bulan Ramadhan ini, semua umat muslim diwajibkan menjalankan ibadah puasa dengan cara menahan diri dari hawa nafsu serta tidak makan dan minum dimulai dari terbit fajar hingga matahari terbenam. 

Salah satu momen yang paling ditunggu-tunggu di saat bulan Ramadhan yaitu ketika waktu berbuka puasa. Setelah berhasil menahan rasa lapar dan haus selama satu hari, secara otomatis tubuh menginginkan asupan makanan yang bisa mengembalikan tenaga. Pada saat itulah, biasanya orang akan menyiapkan berbagai hidangan lezat untuk berbuka puasa. Selain lezat, usahakan untuk selalu memilih menu buka puasa yang tidak akan mengganggu kesehatan supaya ibadah puasa tetap lancar selama satu bulan penuh.

Supaya kamu tidak bingung mencari menu makanan yang bisa memulihkan tenaga untuk berbuka, simak beberapa rekomendasi menu berbuka puasa yang enak, dan bisa memulihkan energi setelah berpuasa seharian dibawah ini 

1. Sop ayam

Supaya merupakan hidangan paket lengkap yang terdapat bahan utama ayam dan juga sayur-sayuran. Supaya mampu menjadi menu berbuka yang bisa memulihkan tenaga karena mengandung banyak nutrisi yang berasal dari daging ayam dan juga sayur-sayuran. Sayuran yang biasanya ditambahkan ke dalam sup ayam adalah wortel, kentang, kol, kembang kol, tomat, daun bawang, daun seledri, dan buncis. Rempah-rempah dalam sup ayam juga mampu membuat tubuh merasa lebih segar seperti bawang merah dan bawang putih, jahe, lada, biji pala dan garam.

2. Semur jamur dan telur puyuh

Menu makanan yang didominasi rasa manis dan gurih ini mampu memulihkan tenaga setelah seharian berpuasa. Di dalam sumur ini terdapat jamur dan telur puyuh sebagai bahan utamanya. Jamur yang biasa digunakan untuk sumur ini adalah jamur tiram, jamur merang dan juga jamur kuping. Bumbu yang biasanya ditambahkan untuk membuat semur ini adalah bawang putih, bawang bombay, cabe merah, daun jeruk, lengkuas, jahe, daun salam, saus tiram, dan juga kecap manis.

3. Balado daging

Daging merupakan sumber protein yang bisa membantu memulihkan energi dalam tubuh. Jadi balado daging ini bisa dijadikan sebagai menu berbuka yang mampu memulihkan tenaga. Bahan utama dari balado daging ini adalah daging sapi. Supaya daging tidak keras, daging sapi harus direbus terlebih dahulu bersama dengan bumbu halus  seperti lengkuas, jahe, serai, daun salam dan juga alam asam kandis. Setelah itu daging diiris tipis dan digoreng dan kemudian dicampur kan dengan bumbu balado seperti bawang merah, bawang putih, cabai, tomat, kemiri dan ketumbar yang telah dihaluskan dan ditumis dengan minyak.

4. Udang goreng mentega

Udang merupakan salah satu bahan makanan yang bisa diolah ke dalam berbagai bentuk menu masakan. Udang goreng mentega ini dinilai mampu meningkatkan tenaga setelah berpuasa seharian. Membuat menu udang mentega ini juga cukup mudah. Kamu hanya perlu menyiapkan bumbu seperti mentega saus tomat, bawang merah dan bawang putih, kecap manis, saus sambal, lada, daun bawang,jeruk nipis, kecap Inggris, bawang bombay dan kecap manis. 

5. Sayur Lodeh

Sayur lodeh merupakan menu makanan yang menggunakan bahan dari sayur-sayuran seperti kacang panjang, terong, labu siam, wortel, tahu, dan telur puyuh yang menggunakan santan sebagai pelengkap kuahnya. Menu ini dirasa cukup dijadikan sebagai menu berbuka untuk memulihkan tenaga karena terdapat sayur-mayur dan juga protein dari telur puyuh.

Demikianlah beberapa menu makanan berbuka yang mampu memulihkan tenaga setelah berpuasa sehari penuh. Semoga bermanfaat!

Pre Order Jauh Lebih Mudah

Bagikan :