Manfaat Kacang Hijau untuk Tubuh Itu Menakjubkan, Ini Contohnya!

Manfaat Kacang Hijau untuk Tubuh Itu Menakjubkan, Ini Contohnya!

Hampir setiap orang pasti menyukai bubur kacang hijau. Selain bisa dijadikan sebagai bubur, kacang hijau memiliki banyak vitamin yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Menariknya lagi adalah ternyata kacang hijau bisa dimanfaatkan untuk mengganti nasi yang biasa dikonsumsi sehari-hari.

Tanaman ini subur dan sering ditanam di Tingkok, Amerika Selatan, dan Asia Tenggara. Tidak heran bila Anda bisa menemukannya dimana-mana.

Manfaat Kacang Hijau untuk Tubuh

Kacang hijau merupakan salah satu jenis kacang-kacangan yang memiliki kandungan protein, mineral, dan vitamin yang banyak dan baik untuk kesehatan. Selain itu, kacang hijau juga memiliki kandungan antioksidan tinggi serta senyata fitokimia. Di bawah adalah beberapa manfaat yang bisa didapatkan bila mengkonsumsi kacang hijau secara rutin:

1. Menurunkan Resiko Penyakit Jantung

Kacang hijau baik untuk menurunkan resiko terjadinya penyakit jantung. Seperti yang diketahui bahwa pada dasarnya plak yang muncul pada kolesterol darah dan pembuluh darah itu bisa menjadi penyebab utama terjadinya penyakit jantung. 

Beruntungnya berdasarkan banyak studi menyebutkan bila mengkonsumsi kacang hijau efektif menurunkan resiko penyakit jantung. Karena di dalamnya mengandung antioksidan vitexin dan isovitexin yang bisa menghambat penyerapan kolesterol pembentuk jaringan lemak.

2. Menurunkan Masalah Kolesterol

Selain bisa mencegah terjadinya penyakit jantung, kacang hijau juga ampuh untuk menurunkan masalah kolesterol tinggi. Itu karena zat antioksidannya bisa menurunkan kolesterol total dan LDL serta trigliserida (kolesterol jahat).

Antioksidan yang terdapat pada kacang hijau bisa memicu produksinya empedu, yaitu cairan yang dapat menguraikan lemak serta kolesterol pada sistem pencernaan. Zat inilah yang nantinya akan mencegah terjadinya pemebntukan lemak di dalam tubuh. 

3. Mengatasi Masalah Penyakit Hati

Hati  bisa rusak saat terjadi infeksi oleh virus, penyakit, dan mengkonsumsi alkhol. Beruntungnya ternyata kacang hijau bisa menurunkan resiko kerusakan pada hati. Karena kacang hijau bisa melindungi hati dari kerusakan oleh penumpukan lemak dan peradangan. Jadi dengan mengkonsumsi suplemen kacang hijau bisa mengurangi masalah pada hati.

4. Menurunkan Hipertensi

Protein yang terdapat pada kacang hijau bisa menurunkan masalah hipertensi. Karena protein yang ada dalam kacang hijau bisa menghambat kinerja ACE. ACE sendiri merupakan enzim penyebab hipertensi. Kabarnya jenis protein tertentu yang ada di dalam kacang hijau efektif menurunkan masalah tekanan darah tinggi secara efektif seperti obat hipertensi pada umumnya.

5. Memperkuat Sistem Imun Tubuh

Pada dasarnya, kacang hijau itu memiliki polisakarida yang banyak. Yaitu salah satu jenis karbohidrat kompleks yang memiliki serat tinggi. Berdasarkan penelitian yang pernah dilakukan pada hewan yang mengkonsumsi kacang hijau menunjukkan bahwa sel darah putih (makrofag) menjadi langsung aktif.

Selain itu, di dalamnya juga mengandung fitonutrien sebagai zat alami tumbuhan yang bisa berperan aktif sebagai zat anti bengkak. Dalam hal ini, fitonutrien yang terdapat pada kacang hijau masih 1 kerabat dengan kedelai. Sehingga bisa menetralkan virus, bakteri, dan mikroba yang lain penyebab infeksi.

6. Kacang Hijau Baik untuk PMS

Gejala PMS muncul saat hormone naik turun. Beruntungnya selain menggunakan obat-obatan kimia, ternyata kacang hijau bisa mengatasi masalah PMS. Sehingga bisa menjaga kesehatan Anda menjadi lebih baik.

Pada dasarnya, kacang hijau itu memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Sehingga manfaatnya sangat baik untuk kesehatan. Maka dari itu, bila ingin mendapatkan manfaatnya yang baik untuk kesehatan, sebaiknya tambahkan jenis kacang-kacangan ini ke dalam menu makanan Anda sehari-hari.

Beriklan Jadi Lebih Mudah

Bagikan :