Bukan Hanya Sunnah untuk Berbuka, Ini Manfaat Buah Kurma!

Bukan Hanya Sunnah untuk Berbuka, Ini Manfaat Buah Kurma!

Bagi seluruh umat muslim di seluruh dunia, kurma memang dijadikan sebagai sajian untuk berbuka puasa karena merupakan sunnah dari nabi Muhammad SAW. Namun rupa-rupanya buah kurma juga mempunyai sejumlah manfaat yang baik bagi tubuh. Diketahui bahwa buah kurma mampu memperkuat sistem saraf sehingga bisa meningkatkan kesehatan mata dan jantung. Bukan hanya itu, di dalam buah kurma juga terkandung kaya serat kalium dan juga kalsium. 

Buah kurma sendiri terdapat beberapa jenis, seperti safawi, khudris, medjool dan lain sebagainya. Buah kurma dijadikan sebagai santapan berbuka puasa karena mengandung karbohidrat yang cukup tinggi sehingga mampu memperbarui asupan karbohidrat dan memakan keinginan mengkonsumsi makanan yang mengandung gula. Selain manfaat yang disebutkan tersebut, terdapat manfaat lain dari buah kurma yang sangat bagus untuk kesehatan tubuh, diantaranya:

1. Bisa membantu tubuh supaya merasa kenyang lebih lama

Terdapat kandungan serat yang sangat kaya terdapat buah kurma khususnya pektin. Kandungan surat tersebut bisa menarik air dan meningkatkan fluiditas isi lambung. Oleh sebab itulah buah kurma bisa memperpanjang waktu yang dihabiskan di Lampung dan memberikan efek perasaan kenyang lebih lama.

2. Mencegah sembelit

Seperti dijelaskan sebelumnya bahwa buah kurma mengandung kaya serat, itulah mengapa buah kurma bisa meningkatkan volume tinja dan mempersingkat waktu transit usus, jadi dengan mengkonsumsi buah kurma dapat mencegah penyakit sembelit yang menakutkan. Sehingga selama di bulan Ramadan nanti, kamu dapat memanfaatkan kandungan serat yang terdapat dalam buah kurma ini untuk membantu melancarkan pencernaan dan mencegah sembelit. Sebab sembelit juga bisa menjadi efek samping ketika menjalani puasa karena kurang mengkonsumsi makanan dan air selama berpuasa

3. Sumber energi serta meningkatkan fungsi sistem saraf

Di dalam buah kurma mengandung kadar vitamin B1, B2, B3  (niasin), serta B6 yang mampu membantu tubuh manusia memenuhi kebutuhan vitamin B harian. Vitamin B yang sudah disebutkan tersebut terlibat di dalam proses metabolisme karbohidrat, lemak dan juga protein yaitu yang bisa mendapatkan energi dari nutrisi ini. 

Selain itu buah kurma juga sangat berperan penting di dalam fungsi sistem saraf yang sehat. Pada saat tubuh seseorang kekurangan vitamin ini, maka besar kemungkinan besar tubuh tersebut akan mengeluh tentang fluktuasi dan juga penurunan tingkat energi, merasa kelelahan yang berlebihan serta masalah konsentrasi.

4. Sangat baik untuk memperkuat tulang

Untuk menjaga kesehatan tulang, mineral pertama yang sangat dibutuhkan untuk tulang kita tentunya kalsium. Penyerapan kalsium dalam tulang sama pentingnya dengan asupannya. Fosfor dan kalsium merupakan dua mineral yang bekerja sama untuk melindungi kesehatan tulang serta meningkatkan penyerapan pada saat dikonsumsi bersamaan. Nah dengan mengkonsumsi buah kurma yang mengandung mineral seperti kalsium, fosfor, seng dan magnesium, maka bisa membantu tubuh meningkatkan kesehatan tulang setiap harinya serta mencegah kondisi seperti osteoporosis.

5. Meningkatkan untuk kesehatan jantung

Buah kurma juga populer dengan sumber kalium yang sangat baik. Selain itu, kurma juga mengandung mineral penting yang berfungsi menjaga keseimbangan cairan dan elektrolit dalam tubuh. Kalium yang terdapat dalam buah kurma terlibat dalam memastikan konduksi saraf, mengatur denyut nadi serta tekanan darah. Jadi dalam penelitian mengkonsumsi buah kurma mampu menurunkan risiko terkena penyakit stroke serta membantu menjaga kesehatan jantung.

Hitunglah jumlah manfaat konsumsi kurma bagi tubuh. Semoga bermanfaat!

Pre Order Jauh Lebih Mudah

Bagikan :