Tips Menyimpan Sayur dan Buah di Kulkas

Tips Menyimpan Sayur dan Buah di Kulkas

Meski sayur dan buah disimpan di lemari es, namun ternyata hal tersebut tidak menjamin bahwa keduanya tidak akan cepat busuk. Bahkan ternyata meski ditaruh di kulkas, keduanya bisa cepat busuk bila cara penyimpanannya salah. Karena setiap buah dan sayur punya karakter yang tidak sama.

Sehingga cara penyimpanannya juga pasti berbeda. Maka dari itu tidak heran bila terkadang menyimpan buah-buahan dan sayur di lemari e situ terkadang membingungkan. Karena buah dan sayur yang awalnya segar bisa saja menjadi berbau dan busuk setelah disimpan di dalam kulkas.

Cara Menyimpan Sayur dan Buah di Kulkas

Setiap sayuran dan buah-buahan itu punya batasan kesegaran tersendiri. Meski sama-sama dimasukkan di dalam lemari es, namun ada beberapa hal yang bisa menyebabkan keduanya menjadi cepat busuk. Maka dari itu sebaiknya perhatikan tutorial di bawah ini supaya Anda bisa menyimpan kedua bahan makanan tersebut dengan benar. Berikut tipsnya!

1.Bila ingin membuat buah-buahan tetap awet dan tidak mudah busuk, sebaiknya jangan pernah mencucinya sebelum disimpan di dalam lemari es. Anda bisa menyimpannya ke dalam rak terbuka di tengah kulkas. Namun perlu diketahui bahwa tidak semua buah dapat disimpan di kulkas. Seperti buah alpukat, pisang, jeruk, dan melon sebaiknya disimpan dalam suhu ruangan saja supaya tidak cepat busuk. Sementara untuk buah yang telah dipotong sebaiknya tambahkan perasan air lemon dan taruh pada wadah tertutup atau dengan plastik wrap.

2.Jangan pernah menyimpan buah dan sayuran pada 1 tempat yang sama di kulkas. Supaya keduanya tetap segar, sebaiknya taruh pada wadah yang terpisah karena beberapa buah menghasilkan gas ethylene penyebab kerusakan pada sayur karena memiliki hormone pematangan. Sedangkan untuk sayur berkecambah seperti tauge, ada baiknya simpan ke dalam tempat berisi air supaya tetap segar.

3.Supaya lebih awet kandungan gizi dan tetap segar, maka bekukan sayur-sayuran dan buah-buahan tersebut. Namun bila ingin menyimpan jamur, maka potong dulu dan masukkan ke wadah berisi air. Barulah setelah itu simpan ke dalam freezer sampai beku.

4.Umumnya ketika memakai daun seledri harus menyisakan beberapa batang. Maka dari itu supaya kesegarannya terjaga, bungkus sisa daun seledri dan batangnya menggunakan kertas alumunium. Setelah itu barulah disimpan ke dalam kulkas. Dengan begitu seledri menjadi tetap lembab dan bisa bertahan hingga 2 minggu lamanya.

5.Supaya tidak mudah busuk, maka simpanlah apel dan kentang menjadi satu. Karena kentang biasanya akan tumbuh tunas bila dibiarkan selama beberapa hari. Maka dari itu, solusinya adalah simpan kentang dan apel pada 1 tempat yang sama dalam kantong kertas berlubang. Barulah kemudian simpan keduanya ke tempat yang kering dan sejuk.

Dengan menyimpan kentang bersama buah apel akan membuatnya tidak bertunas. Itu karena ada gas apel yang keluar. Maka dari itu sebaiknya jangan pernah menyimpan kentang ke dalam lemari es karena hal tersebut membuatnya cepat bertunas. Padahal kentang yang sudah bertunas dan berwarna kehijauan itu bisa saja mengandung racun dan berbahaya.

Jadi itu tadi adalah beberapa tips yang bisa digunakan supaya buah-buahan dan sayuran yang disimpan di dalam kulkas bisa tetap awet dan tidak mudah busuk. Dengan memahami beberapa tips di atas, tentunya hal tersebut akan membantu Anda untuk membuat bahan makanan di rumah tetap bagus kualitasnya dan tahan lama.

Beriklan Jadi Lebih Mudah

Bagikan :