Hidangan Wajib untuk Hari Raya Idul Fitri

Hidangan Wajib untuk Hari Raya Idul Fitri

Indonesia merupakan negara dengan penduduk yang menganut agama Islam terbanyak di dunia. Jadi perayaan lebaran atau hari raya Idul Fitri sangat meriah di Indonesia. Idul Fitri merupakan hari kemenangan bagi umat Islam yang sudah berkuasa selama satu bulan penuh. Setelah umat Islam melaksanakan salat Idul Fitri, umumnya akan dilanjutkan dengan tradisi saling bermaaf-maafan dan bersalam-salaman antar keluarga ataupun sesama umat muslim.

Setelah bersalam-salaman dan saling memaafkan, momen yang paling ditunggu-tunggu selanjutnya adalah menyantap hidangan yang telah dipersiapkan untuk dimakan bersama di hari raya. Untuk hidangan yang disajikan ketika lebaran, terdapat beberapa hidangan yang wajib disediakan, yaitu:

1. Ketupat

Ketupat merupakan kudapan pengganti nasi yang disajikan ketika lebaran. Ketupat terbuat dari beras yang dimasak hingga matang yang dibungkus di dalam daun kelapa yang sudah dianyam membentuk segi empat yang khas. Pada dasarnya ketupat merupakan nasi yang dimasak di dalam daun kelapa muda yang dianyam dan bentuknya lebih padat. Biasanya akan disantap bersama dengan berbagai lauk pauk.

2. Opor ayam

Opor ayam merupakan santapan khas lebaran yang menjadi lauk wajib dari ketupat. Opor ayam adalah makanan yang terbuat dari daging ayam dengan kuah santan. Kuah santan untuk opor terbuat dari berbagai bumbu supaya rasanya menjadi nikmat dan menimbulkan aroma yang khas. Bumbu-bumbu yang ditampilkan berupa santan kelapa, bawang merah dan bawang putih, kencur, serai, kunyit dan garam.

3. Sambal goreng kentang ati

Sambal adalah salah satu menu yang paling disukai sebagai pendamping ketika menyantap suatu hidangan. Sambal cenderung menimbulkan rasa pedas. Ternyata tambah juga memiliki bermacam jenis, salah satunya adalah sambal goreng kentang ati. Sebenarnya aku depan ini merupakan kentang yang dipotong dadu dan dipadukan dengan ati ampela ayam yang juga dipotong dadu dan diberikan bumbu pedas. Selain itu sebagian masyarakat Indonesia juga menambahkan petai kedalam sambal ini. Makanan yang satu ini sangat cocok menjadi kau tambahan yang dimakan ketika hari raya.

4. Rendang

Rendang merupakan makanan khas dari daerah Sumatera Barat terutama Padang yang sudah mendunia. Rendang juga menjadi hidangan yang wajib di indahkan ketika hari lebaran. Rendang umumnya menggunakan daging sapi atau kerbau sebagai bahan utama yang ditambahkan dengan bumbu rempah. Rendang ini merupakan hasil dari proses pemasakan daging yang membutuhkan waktu lama dan dipanaskan berulang-ulang. 

Biasanya bumbu yang digunakan pada rendang adalah santan kelapa, cabai, bawang merah dan bawang putih, serai, lengkuas, kunyit, jahe, serta bumbu-bumbu khas rendang. Cita rasa dari hidangan undang ini adalah asin, pedas, manis, dan gurih.

5. Semur daging

Semur daging merupakan salah satu hidangan yang menjadi primadona dan selalu dicari-cari pada saat lebaran. Berbeda dengan hidangan lebaran lain yang umumnya menggunakan bahan dasar santan, semur daging lebih mengutamakan bahan dari kecap. Semur biasanya menggunakan bahan daging sapi atau ayam, kentang, tahu yang ditambah dengan kecap manis. Semur daging ini sangat cocok dihidangkan bersama nasi putih hangat maupun ketupat.

6. Kue kering

Lebaran tidak lengkap jika tidak menghadirkan aneka kue kering. Kue kering biasanya disajikan di meja ruang tamu. Kue kering yang wajib ada di setiap rumah ketika lebaran adalah kue nastar, putri salju, kue kacang, dan kastengel.

Itulah beberapa hidangan yang wajib untuk disajikan pada saat hari raya Lebaran. Semoga bermanfaat!

Pre Order Jauh Lebih Mudah

Bagikan :