Menu Sahur Agar Menjalani Puasa Lebih Semangat

Menu Sahur Agar Menjalani Puasa Lebih Semangat

Selama bulan Ramadhan, sangat penting menjaga pola makan supaya tubuh tetap bugar meskipun sedang menjalani ibadah puasa. Kita harus memperhatikan asupan makanan terutama untuk sahur supaya kita tahu energi selama berpuasa. Usahakan untuk selalu mengkonsumsi makanan dan minuman yang kaya akan vitamin, protein dan serat yang baik untuk kesehatan tubuh sehingga kita mampu berpuasa selama satu bulan penuh. Lantas menu apa saja yang paling bagus sebagai santapan sahur? Berikut ulasan lengkapnya.

1. Telur

Walaupun menu yang menggunakan bahan telur terdengar sederhana, tetapi telur merupakan salah satu bahan makanan yang cocok untuk disantap ketika sahur. Hal itu disebabkan telur merupakan makanan yang mengandung kaya akan protein. Pasalnya protein yang terkandung dalam telur adalah nutrisi yang bisa membantu tubuh untuk mempertahankan rasa kenyang lebih lama. Kamu bisa mengkreasikan telur dengan berbagai masakan yang tentunya sesuai dengan selera kamu 

2. Nasi merah

Nasi merah memang biasanya menjadi salah satu santapan yang dipilih untuk orang yang sedang menjalani diet. Tapi ternyata nasi merah juga sangat baik disantap sebagai menu sahur. Pasalnya nasi merah mampu mempertahankan rasa kenyang lebih lama apabila dibandingkan dengan nasi putih. Hal itu disebabkan nasi merah mempunyai indeks glikemik yang jauh lebih rendah, jadi proses penyerapan di dalam tubuh lebih lama. Proses itulah yang membantu seseorang merasa kenyang lebih merah ketika menyantap nasi merah.

3. Sayuran

Sayuran merupakan menu sahur yang tidak boleh dilewatkan, terutama jenis sayuran hijau. Sebab sayuran hijau mengandung mineral, vitamin, antioksidan dan juga serat yang tinggi. Kandungan nutrisi yang terdapat dalam sayuran hijau tersebut mampu memberikan rasa kenyang lebih lama. Jadi, nutrisi yang terdapat dalam sayuran hijau bisa membuat seseorang lebih berenergi ketika menjalani ibadah puasa.

4. Ikan

Ikan merupakan makanan yang mengandung kaya akan asam lemak omega-3 terutama jenis ikan salmon dan tuna. Lemak omega-3 termasuk ke dalam lemak yang baik bagi kesehatan tubuh. Supaya kamu mendapatkan nutrisi yang maksimal, sebaiknya ikan salmon dan ikan tuna diolah dengan cara dikukus atau dipanggang.

5. Buah-buahan

Buah-buahan bisa menjadi menu sahur bagi yang tidak suka makan makanan berat seperti nasi dan lauk pauk. Walaupun buah-buahan terlihat sedikit, namun buah-buahan mempunyai nutrisi dan vitamin yang sangat dibutuhkan oleh tubuh seperti vitamin dan mineral. Namun buah-buahan yang sangat bagus disantap sebagai menu sahur adalah apel dan pisang. Kedua jenis buah ini bisa menjadi makanan pendamping ataupun menjadi makanan utama ketika sahur. Apel dan pisang mengandung serat yang bisa mempertahankan rasa kenyang lebih lama. Buah pisang juga bisa menjadi makanan pengganti nasi karena mengandung karbohidrat.

6. Susu

Ketika sahur, alangkah baiknya jika kita minum segelas susu supaya tubuh semakin kuat pada siang hari ketika berpuasa nanti. Selain minum susu sapi segar, kamu juga bisa meminum susu kedelai bagi yang mempunyai alergi terhadap susu sapi ataupun susu kambing. Dengan meminum segelas susu setiap hari selama sahur, maka kebutuhan kalsium di dalam tubuh akan selalu sempurna dan terpenuhi karena segelas susu mengandung 300 mg kalsium. jumlah tersebut dipercaya mampu memenuhi sepertiga dari kebutuhan kalsium dalam tubuh.

Itulah beberapa menu sahur yang bisa membuat kita bersemangat ketika menjalani ibadah puasa. Semoga bermanfaat!

Pre Order Jauh Lebih Mudah

Bagikan :