Inilah Daftar Macam-Macam Kue Khas Indonesia yang Nikmat

Inilah Daftar Macam-Macam Kue Khas Indonesia yang Nikmat

Indonesia adalah salah satu Negara yang kaya budaya dan keindahan alamnya. Bahkan tidak hanya memiliki sajian menu makanan berat saja yang nikmat, namun juga memiliki kue tradisional khas yang nikmat. Menariknya lagi adalah mesi sudah banyak makanan kekinian yang dijual di tengah-tengah masyarakat, namun ternyata masih banyak kue tradisional yang cukup terkenal dan populer hingga saat ini.

Mulai dari kue basah, kering, dan kue tradisional. Semuanya berperan penting untuk menjaga tradisi Tanah Air supaya tetap utuh dan terjaga dengan baik. Sehingga sajian tersebut masih bisa dihitungkan untuk hantaran pernikahan, natal, dan lebaran.

10 Rekomendasi Kue Khas Indonesia

Di bawah ini adalah macam-macam kue khas Indonesia yang paling nikmat, antara lain:

1.Klepon – ini adalah kue yang bentuknya seperti onde-onde, tapi isi dan teksturnya tidak sama. Jajanan tradisional dari Jawa ini berasal dari tepung beras ketan berbentuk bulat seperti bola kecil. Sedangkan isinya berasal dari gula merah.

2.Onde-Onde – kue khas Jawa ini juga sangat terkenal di Tanah Air. Ciri khas kue ini adalah berbentuk bulat dan selalu ada taburan wijen di permukaan kuenya. Makanan ini berasal dari tepung terigu dan ketan yang diisi dengan kacang hijau.

3.Nagasari – kue tradisional ini rasanya manis dan berasal dari tepung beras dan santan. Sedangkan isinya biasanya berasal dari pisang. Makanan ini sangat praktis karena proses pembuatannya hanya perlu dilakukan dengan cara dikukus saja.

4.Kue Ape – kue tradisional ini biasanya disebut dengan serabi Jakarta. Bentuknya bulat pipih dan berwarna hijau. Di tengahnya ada benjolannya. Sehingga biasanya kue ini disebut juga dengan kue tete.

5.Serabi – bila sebelumnya kue ape dari Jakarta, maka kali ini berasal dari Solo. Kue tradisional yang berasal dari santan dan tepung beras ini diolah dengan cara dipanggang. Untuk rasanya bermacam-macam, ada yang asin dan manis.

6.Misro – kuliner ini berasal dari Jawa Barat. Bahan dasarnya dari umbi-umbian yang diisi dengan gula merah dan sambal oncom. Sehingga rasanya menjadi unik dan tidak biasa. Karena ada rasa manis pedas di dalamnya.

7.Putu Ayu – kue tradisional ini berasal dari Jawa Timur dan Jawa Tengah. Teksturnya seperti kue bolu yang berbentuk layaknya kembang. Sehingga hal ini membuat penampilan kue putu ayu menjadi terlihat lebih cantik.

8.Wajik – kue khas Jawa ini disebut juga dengan pulut manis jika berada di Sumatera. Selain nikmat, kudapan ini bernutrisi tinggi. Biasanya banyak wisatawan yang mengunjungi Jawa Tengah seringkali berburu wajik untuk oleh-oleh.

9.Cenil – kue ini berasal dari tepung kanji dan berasal dari Kebumen, Jawa Tengah. Biasanya sajian ini dihadirkan bersama dengan ketan hitam atau gula merah.

10.Lupis – kue tradisional ini berasal dari ketan yang kemudian dihidangkan dengan parutan kelapa serta gula merah yang sudah dicairkan. Untuk bentuknya sendiri biasanya segitiga. Namun bagi yang kesulitan membungkusnya biasanya membuat cetakannya seperti lontong memanjang.

Jadi itu tadi adalah macam-macam kue khas Indonesia yang wajib dicoba saat ini. Selain lezat dan nikmat rasanya, kue di atas juga patut diperhitungkan karena memiliki ciri khas rasa tersendiri. Maka dari itu bila tertarik, Anda bisa mencoba membuatnya sendiri di rumah. Karena saat ini ada banyak resep masakan kue khas Indonesia yang bisa ditemukan di internet.

Beriklan Jadi Lebih Mudah

Bagikan :