Apa yang Terjadi Jika Mengkonsumsi Gorengan secara Berlebihan?

Apa yang Terjadi Jika Mengkonsumsi Gorengan secara Berlebihan?

Gorengan adalah salah satu makanan yang selalu disukai oleh banyak orang. Selain rasanya gurih, teksturnya juga renyah. Sehingga hal ini membuat siapa saja pasti ketagihan dengan makanan yang satu ini. Gorengan itu sendiri bisa juga digunakan untuk lauk pauk dan cemilan ketika jam makan tiba.

Namun, tahukah Anda bahwa ternyata gorengan itu bisa membahayakan tubuh bila dikonsumsi secara berlebihan? Maka dari itu supaya tidak mengalami masalah yang besar pada kesehatan Anda, sebaiknya simak dampak negatifnya dulu sebelum mengkonsumsinya dalam jumlah banyak.

Dampak Negatif Keseringan Makan Gorengan

Sebelum semakin tergiur dengan cita rasa gorengan yang dikonsumsi berlebihan, sebaiknya perhatikan dulu efek buruknya di bawah ini supaya tidak mengalami masalah pada kesehatan Anda. Berikut beberapa hal yang akan terjadi bila mengkonsumsi gorengan secara berlebihan:

1.Bagaimanapun juga, kualitas minyak yang digunakan untuk menggoreng gorengan itu tidak selallu bagus. Bahkan ada yang menggorengnya menggunakan minyak yang pernah digunakan sampai berulang kali. Padahal setiap jenis minyak goreng punya suhu maksimal yang dapat menciptakan asap ketika dipanaskan. 

2.Perlu diketahui bahwa pada dasarnya minyak yang telah rusak saat membuat gorengan itu bisa membentuk radikal bebas. Ketika kualitas minyaknya rusak, maka gorengan menjadi tidak sehat. Selain itu, minyak tersebut juga dapat membentuk zat sisa dan mengalami oksidasi penyebab radikal bebas dan meningkatkan resiko terkena penyakit jantung, kanker, dan stroke.

3.Pada dasarnya ada 2 tipe lemak trans. Pertama berasal dari daging dan produk olahan susu sebagai lemak trans alami. Sedangkan kedua adalah lemak trans buatan yang berasal dari lemak jenuh saat gorengan dimasak dalam suhu tinggi sehingga membuat struktur kimia lemak sulit dicerna. Akibatnya bisa beresiko terkenapenyakit kanker, jantung, obesitas, dan diabetes mellitus tipe 2.

4.Mengkonsumsi gorengan secara berlebihan bisa menyebabkan asupan lemak meningkat drastis. Rasa gurih gorengan yang berasal dari tepung bumbu bisa menyebabkan produksi lemak dalam gorengan menjadi lebih banyak. Karena tepung bisa menyerap minyak sehingga gorengan bertepung menyebabkan datangnya berbagai macam penyakit berbahaya.

5.Gorengan yang dikonsumsi berlebihan bisa membuat kadar kolesterol semakin meningkat, khususnya kolesterol jahat LDL. Disamping itu tingkat kolesterol baik juga menjadi menurun akibat kebanyakan makan gorengan. Padahal semakin besar tingkat kolesterol jahat, maka hal tersebut bisa menyebabkan plak pada bagian pembuluh darah arteri. Akibatnya resiko penyakit jantung dan stroke semakin meningkat.

6.Gorengan juga bisa menyebabkan resiko terkena penyakit diabetes semakin meningkat. Hal tersebut telah diteliti oleh American Journal of Clinical Nutrition. Bahwa dengan mengkonsumsi 4 hingga 6 porsi gorengan dapat meningkatkan resiko terkena diabetes sampai 39%.

7.Gorengan yang dikonsumsi terlalu banyak bisa menyebabkan obesitas (kegemukan). Karena gorengan memiliki kandungan kalori yang lebih banyak daripada jenis makanan olahan yang lainnya. Akibatnya orang yang makan gorengan pasti tidak cepat kenyang dan justru ingin makan lebih banyak.

8.Terlalu banyak makan gorengan bisa membuat resiko terkena penyakit kanker semakin meningkat. Itu karena makanan yang digoreng dalam suhu tinggi bisa menyebabkan terbentuknya akrilamida (zat kimia dari gula dan asam amino bernama asparagine). Akibatnya terjadilah peningkatan resiko terkena penyakit kanker.

Tidak dapat dipungkiri bila mungkin akan terasa sulit menghindari makanan gorengan seperti ini. Namun sebaiknya mulailah mengurangi makan gorengan sedikit demi sedikit. Sehingga Anda bisa menjaga kesehatan tubuh dan tidak terkena dampak negative akibat dari mengkonsumsi gorengan secara berlebihan.

Pre Order Jauh Lebih Mudah

Bagikan :