Mengintip Perbedaan Bawang Merah dan Bombay Lebih Jauh

Mengintip Perbedaan Bawang Merah dan Bombay Lebih Jauh

Dilihat secara sepintas, bawang merah dan bawang Bombay itu tampilannya terlihat mirip sekali. Karena keduanya termasuk sayuran umbi dari keluarga allium. 2 jenis bawang ini biasanya hidup dari musim gugur sampai akhir musim semi. Biasanya dua-duanya dimanfaatkan untum bumbu hidangan yang tidak sama.

Bawang Bombay biasanya dimanfaatkan untuk bahan tambahan olahan masakan seperti saus, kaldu, sandwich, dan salad karena bisa menambah aroma supaya lebih sedap dan menggugah selera. Sedangkan bawang merah itu dijadikan sebagai bumbu untuk membuat masakan lebih nikmat.

Tidak hanya dijadikan bumbu masakan, keduanya sama-sama baik untuk mengatasi berbagai macam masalah kesehatan pada tubuh. Dimana untuk bawang Bombay berguna untuk menjaga kesehatan jantung serta pembuluh darah, dan mencegah terjadinya kanker. Sementara untuk bawang merah dikenal ampuh mengatasi batuk, pilet, sembelit, dan juga susah tidur.

Perbedaan Bawang Merah dan Bawang Bombay

Di bawah ini adalah macam-macam perbedaan dari bawang merah dan bawang Bombay yang bisa dijadikan sebagai referensi saat Anda bingung mencari letak perbedaan dari dua jenis bawang tersebut:

1.Salah satu hal yang menjadi pembeda utama keduanya adalah bawang merah itu bau darn rasanya lebih kuat daripada bawang Bombay. Disamping itu, tekstur bawang merah lebih renyah. Sedangkan bawang Bombay itu rasanya lebih manis dan aromanya juga kurang enak bila dipanaskan terlalu lama.

2.Keberadaan bawang merah tidak bisa digantikan dengan bawang Bombay saat digunakan untuk memasak gulai, sambal, rendang, dan sejenisnya. Sehingga hal ini menjadi pembeda antara bawang merah dan bawang putih.

3.Rasa bawang merah itu lebih mudah dipecah ketika dimasak dan dijadikan sebagai caramel daripada bawang Bombay. Itulah kenapa  bawang Bombay cocok sekali dijadikan sebagai caramel karena bisa menambah rasa manis ke dalam sebuah hidangan apapun, seperti capjay, fuyunghai, dll.

4.Bawang merah itu punya umbi yang lebih ramping dan panjang daripada bawang Bombay. Untuk ukurannya juga jelas berbeda sekali. Karena lebih kecil bawang merah daripada bawang Bombay.

5.Dari segi warna, bawang merah lokal itu warnanya lebih gelap daripada bawang Bombay. Sedangkan dari segi perdagangan, kode bawang merah itu HS 0703.10.200. drmrnysts untuk kode bawang bombai adalah 0703.10.100. 

6.Diameter umbi bawang Bombay itu lebih besar daripada bawang merah. Karena bawang merah hanya memiliki ukuran diameter sebesar 3 cm sampai dengan 10 cm. Selain itu, jika bawang merah itu berbentuk suing. Maka bawang Bombay itu termasuk umbi tunggal yang bentuknya bulat.

7.Bawang merah memiliki antioksidan tinggi, tembaga, zat besi, kalium, kalsium, vitamin A dan juga C. Sedangkan bawang Bombay itu seratnya tinggi dan bersifat anti karsinogenik dan anti inflamasi. Sehingga baik untuk diet dan aman bagi penderita maag.

8.Karena bawang merah itu proses karamelisasinya mudah dan rasanya lebih manis sehingga seringkali dijadikan sebagai bahan pembuatan saus. Selain itu, bawang merah juga bisa dijadikan sebagai acar makanan dan bahan pembuatan masakan segar. Sedangkan bawang Bombay lebih sering dimanfaatkan untuk pembuatan berbagai macam hidangan yang gurih penambah kedalaman rasa makanan.

Nah itu tadi adalah macam-macam perbedaan dari bawang merah dan bawang Bombay yang bisa dijadikan sebagai referensi untuk Anda. Dengan mengenal letak perbedaan diantara keduanya, diharapkan hal tersebut mampu memberikan Anda banyak informasi tentang manfaat dari 2 bahan tersebut untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Beriklan Jadi Lebih Mudah

Bagikan :