Manfaat dari Buah dan Sayur

Manfaat dari Buah dan Sayur

Buah dan sayur adalah makanan yang memiliki sumber serat, vitamin dan mineral serta senyawa penting lain yang dibutuhkan oleh tubuh seperti antioksidan dibandingkan dengan jenis makanan lainnya. Kandungan yang terdapat dalam buah dan sayuran bisa membantu kamu tetap sehat. Terdapat banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan dengan mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran secara rutin, mulai dari mencegah berbagai penyakit dan membuat tubuh tetap bugar.

Penting dicatat bahwa untuk mendapatkan semua manfaat tersebut kamu perlu mengkonsumsi buah-buahan setiap hari dalam jumlah yang cukup. Tentunya tidak sulit jika kamu memang serius ingin mendapatkan berbagai manfaat dari buah-buahan dan sayuran. Namun sayangnya masih banyak orang yang belum memahami mengenai manfaat buah dan sayuran bagi kesehatan. Sebab tak jarang orang lebih memilih makanan yang terlihat nikmat dan menggiurkan seperti junk food, kue, gorengan untuk kudapan dibandingkan konsumsi buah atau sayuran. Berikut ini sejumlah manfaat dari mengkonsumsi buah dan sayur yang perlu diketahui, diantaranya:

1. Menurunkan resiko penyakit jantung dan pembuluh darah

Terdapat bukti kuat yang menunjukkan bahwa mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran bisa menurunkan resiko penyakit jantung dan stroke. Mengkonsumsi buah dan sayur yang lebih tinggi sering dikaitkan dengan penurunan risiko kematian yang disebabkan oleh penyakit kardiovaskular. Penurun resiko penyakit ini bahkan bisa mencapai 4% untuk setiap tambahan porsi buah dan sayuran per harinya.

Jenis sayuran yang paling bagus untuk menurunkan resiko penyakit jantung dan stroke yaitu sayuran berdaun hijau seperti bayam, sawi dan selada. Brokoli kembang kol, pokcoy serta aneka buah seperti jeruk, lemon, anggur juga memberikan kontribusi penting untuk menurunkan penyakit jantung dan pembuluh darah.

2. Memperlancar sistem pencernaan

Buah dan sayur mengandung serat alami yang tinggi sehingga bisa mempengaruhi metabolisme berjalan semakin lancar. dengan begitu proses pembuangan kotoran di dalam tubuh menjadi semakin mudah. Kandungan serat yang terdapat dalam buah juga mampu menghambat proses penyerapan gula dan lemak yang buruk di dalam saluran pencernaan. Selain itu, serat mampu meredakan berbagai gejala gangguan pencernaan dan memicu pergerakan usus yang teratur sehingga bisa meredakan penyakit sembelit.

3. Meningkatkan kesehatan mata

Mengkonsumsi buah dan sayur secara rutin bisa membantu menjaga kesehatan mata. Hal ini juga termasuk membantu mencegah 2 penyakit mata yang biasanya berkaitan dengan penuaan seperti katarak dan degenerasi makula. Buah-buahan dan sayuran yang berwarna cerah seperti orange mengandung dua senyawa yang sangat bagus untuk menjaga kesehatan mata yaitu Lutein dan Zeaxanthin.

4. Menurunkan risiko terkena hipertensi

Diet yang mengkonsumsi banyak buah dan sayur mampu menurunkan risiko terkena hipertensi. Sebuah penelitian yang bernama OmniHeart menunjukkan bahwa dengan mengkonsumsi banyak buah-buahan sayuran, dan produk susu rendah lemak dapat menurunkan risiko penyakit tekanan darah.

5. Menurunkan resiko penyakit jantung

Menurunkan resiko penyakit kanker

Banyak sekali penelitian yang dilakukan untuk membuktikan manfaat buah dan sayuran untuk pencegahan kanker. Salah satunya penelitian yang membuktikan bahwa konsumsi makan sayur dan buah seperti apel, pisang, anggur, dan jagung bisa menurunkan resiko penyakit kanker payudara pada wanita yang signifikan. Selain itu wanita yang lebih banyak mengkonsumsi buah dan sayuran yang berwarna kuning atau orangnya mempunyai risiko 11% lebih rendah terkena penyakit kanker payudara dibandingkan mereka yang hanya makan sedikit buah dan sayur tersebut.

Itulah beberapa manfaat dari mengkonsumsi buah dan sayur. Semoga bermanfaat untuk kita semuaa!

Referensi:

https://www.guesehat.com/manfaat-buah-buahan-dan-sayuran-cegah-penyakit-kronis

https://manado.tribunnews.com/2019/08/25/rajin-konsumsi-buah-dan-sayuran-berikut-6-manfaatnya-untuk-kesehatan?page=3

Pre Order Jauh Lebih Mudah

Bagikan :


Fatal error: Maximum execution time of 30 seconds exceeded in /home/opeo/public_html/system/libraries/Session/drivers/Session_files_driver.php on line 267