Food Packaging yang Eco Friendly

Food Packaging yang Eco Friendly

Sudah seharusnya setiap manusia selalu menjaga bumi dari segala bentuk kerusakan. Salah satunya dengan mengganti pemakaian kemasan plastik dengan food packaging yang eco friendly karena plastik itu sulit terurai dan bisa menimbulkan kerusakan pada bumi. Anda harus mulai meningkatkan pemakaian kemasan daur ulang ramah lingkungan. Hal ini akan membuat bumi lebih sehat karena kemasannya yang bisa terurai dengan baik atau bisa dipakai kembali.

Kondisi pandemi Corona seperti sekarang ini membuat banyak orang aktif melakukan pemesanan makanan secara daring karena mereka tidak dapat dine in di beberapa tempat makan pilihannya. Nah, tentunya Anda harus memperhatikan kemasan makanannya donk. Pemanfaatan kemasan makanan eco friendly ini bisa dijadikan sebagai cara terbaik untuk menjaga lingkungan agar tetap sehat. Karena ternyata di dalam kemasan makanan dari plastik itu terdapat bahan kimia NIAS yang menyebabkan toksisitas dan juga beresiko menyebabkan gangguan endokrin.

Daftar Food Packaging yang Eco Friendly

Di bawah ini adalah daftar food packaging yang eco friendly dan baik untuk kesehatan :

1. Wadah Kaca

Kaca mempunyai banyak manfaat untuk kehidupan Anda. Wadah makanan dari kaca selain ramah lingkungan juga bisa dimanfaatkan kembali dan tahan lama. Pilihlah wadah kaca yang bebas BPA sehingga tidak mengganggu endokrin yang bisa menyebabkan masalah infertilitas pria dan wanita, dan menimbulkan resiko perkembangan tumor. 

2. Stainless Steel

Kemasan makanan ini tahan lama, tahan panas, dan bebas karat. Jadi cocok sekali untuk menyimpan makanan karena sangat aman. Anda bisa memakainya kembali atau mendaur ulangnya setelah dipakai. 

3. Sekam Padi

Produk sampingan pertanian padi ini terbarukan, murah, dan bisa terurai dengan baik secara hayati. Biasanya senyawa ini digunakan untuk pembuatan kotak makan siang yang bisa ditutup rapat sekaligus dijadikan sebagai mangkuk saji yang anti pecah.

4. Bambu

Bambu  adalah kemasan makanan yang ramah lingkungan, tahan panas, dan tahan lama. Cocok sekali sebagai pengganti kemasan plastik. Hanya saja ketahanannya masih kalah dari stainless steel dan kaca.

5. Brown Paper

Kemasan makanan dari kertas ini bisa digunakan untuk berbagai bentuk kemasan serta sangat aman. Itulah kenapa brown paper sangat populer di antara pedagang kaki lima juga restoran ternama. Lebih banyak orang menggunakan ini daripada styrofoam dan plastik karena bahannya yang bebas pemutih. Selanjutnya, kemasan brown paper biasanya dicetak sesuai dengan jenis makanannya. Sifat bio degradable membuatnya ramah lingkungan karena mudah terurai dengan baik. Proses pembuatannya pun bebas dari campuran bahan kimia dan masih alami sehingga bisa menghasilkan sebuah produk food grade yang aman untuk mengemas makanan.

Itu tadi adalah daftar kemasan makanan yang ramah lingkungan. Anda bisa cek apakah kemasan makanan itu ramah lingkungan dari material atau bahan, distribusi, proses produksi, pemanfaatan, faktor recycle, dan sifatnya ketika telah menjadi sampah. Yuk kita jadikan bumi lebih sehat dari langkah kecil yang kita bisa lakukan!

Beriklan Jadi Lebih Mudah

Bagikan :