Bahaya Mengkonsumsi Karbo Berlebihan

Bahaya Mengkonsumsi Karbo Berlebihan

Salah satu nutrisi penting yang sangat dibutuhkan oleh tubuh setiap harinya adalah karbohidrat. Fungsi utama dari karbohidrat yaitu sebagai sumber energi atau bahan bakar bagi tubuh. Kendati demikian, apabila seseorang mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat terlalu banyak pastinya justru bisa memberikan dampak yang tidak baik bagi tubuh. 

Untuk itulah kita perlu membatasi mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat agar tidak berlebihan. Sebab mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat secara berlebihan bisa menimbulkan berbagai efek buruk bagi kesehatan tubuh. Berikut ini bahayanya mengkonsumsi makanan yang mengandung karbon secara berlebihan, diantaranya:

1. Lelah dan lesu

Efek samping yang tidak baik atau bahaya dari kebiasaan mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat terlalu banyak adalah kelelahan kronis atau rasa lelah yang berlebihan. Walaupun mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat bisa meningkatkan kadar gula darah untuk sementara, serta memberikan energi pada tubuh dan otak untuk bergerak, namun peningkatan tersebut kerap kali disertai dengan penurunan gula darah yang cukup cepat. 

Sehingga hal tersebut bisa mengurangi aktivitas neuron tertentu yang terlibat dalam siklus tidur-bangun yang menghabiskan energi. Gambarnya yaitu pada saat seseorang mengkonsumsi karbohidrat secara berlebihan di siang hari maka kemungkinan orang tersebut akan menemukan gangguan tidur, akibatnya orang tersebut akan merasakan lelah dii keesokan hari.

2. Gigi berlubang

Mungkin sebagian orang bertanya-tanya apa hubungannya karbohidrat dengan gigi berlubang. Menurut The American Journal of Clinical Nutrition, kandungan karbohidrat khususnya pada makanan bertepung seperti pasta, kripik, dan roti akan dipecah oleh air liur menjadi gula sederhana. Di sisi lain bakteri di mulut bisa memakan gula tersebut dan pada akhirnya menghasilkan asam yang mempengaruhi pH plak. Hal tersebut dapat menyebabkan demineralisasi gigi serta memicu kerusakan pada gigi seperti gigi berlubang.

3. Otak yang melamban

Sumber energi utama otak adalah glukosa yang berasal dari karbohidrat. Namun kebiasaan mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat yang terlalu banyak justru bisa menyebabkan hal yang berbahaya bagi otak. Menurut penelitian dari National Institute of Aging, orang-orang yang berusia 70 tahun ke atas yang mengkonsumsi makanan tinggi karbohidrat mempunyai resiko hampir 4 kali lipat untuk mengembangkan gangguan kognitif ringan.

Asupan dari makanan karbohidrat yang berlebihan dapat berdampak buruk sebab karbohidrat tersebut bisa mempengaruhi metabolisme glukosa dan insulin. Pada dasarnya gula memang menjadi bahan bakar otak, hanya jika asupan tersebut dalam kapasitas yang cukup. Berbeda halnya jika kadar gula yang tinggi maka bisa mencegah otak menggunakan gula, kejadian tersebut mirip dengan kasus diabetes tipe 2.

4. Memicu obesitas

Di dalam setiap gram karbohidrat, maka terdapat kandungan 4 kalori. Sebenarnya kalori tidaklah buruk. Karena kalori bisa memberikan energi yang dibutuhkan oleh tubuh untuk tetap aktif berkegiatan sepanjang hari. Namun dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung terlalu banyak karbohidrat maka kalorinya juga lebih tinggi dan bisa menyebabkan kenaikan berat badan. Hal itu disebabkan tubuh akan menyimpan energi ekstra sebagai lemak. Dengan demikian Anda harus mengontrol porsi makanan yang mengandung karbohidrat apabila ingin terhindar dari obesitas yang disebabkan oleh makanan ber karbohidrat secara berlebihan.

Demikianlah ulasan mengenai bahaya mengkonsumsi makanan yang mengandung karbon secara berlebihan. Pada dasarnya karbohidrat sangat baik dan dibutuhkan oleh tubuh. Namun tentu saja semua yang berlebihan pasti akan memberikan dampak buruk. Stay Healthy guys!

Reference:

https://health.kompas.com/read/2021/01/12/100800968/10-dampak-buruk-konsumsi-karbohidrat-berlebihan?page=all

Pre Order Jauh Lebih Mudah

Bagikan :