Pola Makan Tepat Dukung Tumbuh Kembang Anak

Pola Makan Tepat Dukung Tumbuh Kembang Anak

Menjaga pola makan yang tepat sangatlah penting dan menjadi tanggung jawab bagi para orang tua. Selain karena sistem imun yang masih rentan dalam tubuh anak sehingga harus betul-betul kita jaga, apabila kita membiasakan hal ini dilakukan sejak dini maka akan didapatkan pertumbuhan dan perkembangan seluruh aspek dalam diri anak yang optimal.

Trik Mengatur Pola Makan Anak


1. Ajak anak ikut berbelanja

Cobalah untuk mengajak anak ikut berbelanja bahan-bahan masakan. Cara ini efektif memberikan hiburan bagi Si Kecil sekaligus mengajarkan kepada mereka tentang aneka makanan sehat yang perlu dikonsumsi setiap hari secara rutin.

Jadi sambil berbelanja, cobalah menunjukkan kepadanya soal bentuk, jenis, warna, dan tekstur makanan sehat tersebut secara langsung. Hal tersebut akan membuat rasa keingintahuan pada anak akan macam-macam makanan sehat semakin meningkat.

2. Jelaskan pentingnya mengonsumsi makanan sehat

Sambil menghidangkan aneka makanan kepada anak, cobalah beritahukan kepada mereka tentang makanan sehat bernutrisi yang akan disantapnya. Dari mulai bahan yang digunakan, cara memasak, dan manfaat yang diperoleh apabila mereka mau memakannya. Hal tersebut bisa membuat si kecil memahami konsep makanan sehat sejak kecil. Nah, supaya mereka bisa memahaminya, pakailah bahasa sederhana atau sesuai dengan usia mereka. 

3. Batasi konsumsi makanan cepat saji 

Jangan melarang anak mengonsumsi makanan cepat saji karena itu malah akan membuat keinginan untuk menikmatinya semakin meningkat. Nah daripada harus melarang, batasi saja jumlah porsi yang boleh dikonsumsinya. Misalnya satu kali dalam satu bulan.

4. Hanya berikan kepada anak makanan yang sehat

Supaya anak Anda mulai terbiasa mengonsumsi makanan sehat, siapkan beberapa menu makanan untuknya setiap hari. Biarkan mereka memilih salah satu menu tersebut. Mulai dari sayuran, lauk, ataupun buahnya. Cara ini akan membuat anak semakin bersemangat mencoba aneka sajian makanan sehat yang disediakan karena mereka diberi kesempatan untuk memilih sendiri menunya.

5. Beri contoh pola makan yang baik

Pada dasarnya anak suka meniru perilaku orang tuanya, termasuk juga dalam hal pola makan. Bila Anda ingin mengajarkan kepada mereka mengenai pola makan sehat, mulailah dengan memberi contoh yang baik. Tunjukkan bahwa menu makanan sehat itu tetap mempunyai rasa yang lezat, tidak kalah dari makanan cepat saji.

Namun bila beberapa cara di atas kurang dapat membantu Anda untuk mengajarkan pola makan yang sehat pada anak, sebaiknya deteksi masalah ini sejak dini dengan berkonsultasi langsung pada ahlinya, yaitu Dokter Gizi Anak. Sehingga Anda bisa mendapatkan saran akan langkah terbaik yang bisa Anda lakukan untuk melatih anak mengatur pola makan demi kesehatan tubuhnya.

Beriklan Jadi Lebih Mudah

Bagikan :