Cara Mengenalkan Sayur dan Buah ke Anak

Cara Mengenalkan Sayur dan Buah ke Anak

Buah-buahan dan sayur-sayuran adalah 2 jenis makanan yang seringkali dihindari oleh anak-anak. Biasanya hal tersebut terjadi karena mereka tidak dibiasakan makan 2 jenis makanan tadi sejak kecil. Sehingga, ketika mereka sudah tumbuh dewasa menjadi anak-anak, mereka menjadi asing dengan tekstur dan rasa buah serta sayuran tersebut.

Padahal keduanya merupakan daftar menu wajib yang harus diberikan untuk anak-anak sejak kecil. Karena keduanya merupakan sumber vitamin yang tinggi dan baik untuk kesehatan mereka di masa pertumbuhan dan perkembangannya.

Kapan Anak Harus Diperkenalkan dengan Sayur dan Buah?

Seperti yang disampaikan sebelumnya, bahwa buah dan sayur adalah 2 menu makanan wajib yang harus diperkenalkan kepada mereka sejak dini. Jadi bila ditanya kapan mereka harus mengenal 2 jenis makanan ini, jawabannya adalah sejak usia 6 bulan.

Yaitu ketika mereka mulai diperbolehkan mengkonsumsi makanan padat, sebaiknya disaat itulah para bunda harus memperkenalkan buah-buahan dan sayuran kepada mereka. Bahkan akan lebih baik bila bunda harus memperkenalkan keduanya ketika anak masih minum ASI. Sehingga mereka akan mengenal 2 jenis makanan tersebut dari ASI yang diminumnya.

Maka dari itu sebaiknya biasakan diri untuk makan banyak sayur dan buah-buahan saat bayi masih minum ASI. Sehingga ketika mereka mulai terbiasa dengan 2 jenis makanan tersebut, maka mereka tidak akan asing dengan buah-buahan dan sayuran saat sudah mulai mengkonsumsi makanan padat.

Cara Memperkenalkan Sayur dan Buah ke Anak

Bagaimanapun juga memperkenalkan sekaligus membiasakan diri anak untuk makan buah-buahan dan sayuran itu tidak mudah dan butuh perjuangan keras. Karena rasa sayur sendiri umumnya hambar dan ada sedikit pahitnya. Sehingga hal tersebut membuat anak-anak sering menolaknya. Maka dari itu solusinya adalah dengan cara di bawah ini:

1.Jangan pernah menyuapi buah-buahan dan sayuran kepada anak-anak saat mencoba memperkenalkan 2 pilihan menu tersebut untuk mereka. Jadi biarkan mereka memakannya sendiri dan mengambilnya dengan tangannya. Sehingga mereka akan mengenal tekstur buah-buahan dan sayuran tersebut dengan baik. Maka dari itu cobalah untuk memotong keduanya menjadi kecil-kecil supaya mudah digenggam oleh mereka dan bisa dijadikan sebagai cemilan untuk anak-anak. Cara tersebut cukup efektif untuk membuat mereka mengenal dengan baik rasa buah-buahan dan sayuran sejak dini.

2.Supaya mereka tidak menolaknya, sebaiknya mulailah dengan memberikan buah-buahan dan sayuran yang rasanya manis dan ringan. Misalnya saja seperti wortel, labu, apel, pear, dll. Dengan begitu mereka bisa menerima rasanya lebih mudah tanpa harus dipaksakan. Bila mereka sudah mulai terbiasa dengan rasanya, maka cobalah untuk memperkenalkan jenis buah-buahan dan sayuran yang baru ke dalam menu sehari-hari mereka. Pilih yang memiliki rasa, bentuk, tekstur, dan warna yang berbeda untuk menarik perhatiannya.

3.Ketika mereka mulai terbiasa makan buah-buahan dan sayuran, cobalah untuk mempertahankan kebiasaan tersebut hingga mereka tumbuh besar. Bila mereka menolaknya, maka cobalah untuk terus memberikannya sedikit-sedikit. Bagaimanapun juga setiap anak butuh berbagai macam buah-buahan dan sayuran karena kandungan vitamin serta mineralnya juga berbeda. Biasanya mereka perlu mencoba menu buah-buahan dan sayuran ini hingga 10 kali sampai pada akhirnya mau menerima makanan baru tersebut dan mulai menyukainya.

Nah, itu tadi adalah sedikit penjelasan tentang kapan sebaiknya mulai memperkenalkan buah-buahan dan sayuran kepada buah hati dan bagaimana cara memperkenalkan 2 pilihan menu makanan tersebut pada anak-anak. Sehingga mereka bisa tumbuh lebih sehat karena terbiasa makan buah-buahan dan sayuran sejak dini.

Pre Order Jauh Lebih Mudah

Bagikan :