8 Bahan Makanan Tepat untuk Anda yang Menjalani Isoman

8 Bahan Makanan Tepat untuk Anda yang Menjalani Isoman

Jumlah kasus COVID-19 yang semakin meningkat, membuat pihak Rumah Sakit menyarankan agar penderita dengan gejala ringan untuk melakukan isolasi mandiri di rumah saja. Meski ringan, tentunya tetap harus dipantau dengan baik supaya bisa segera sembuh. Salah satu caranya adalah dengan mengonsumsi menu makanan yang tepat. Beberapa orang mengira bahwa menu makanan yang baik untuk dikonsumsi adalah semacam bubur dan sup, namun ternyata tidak demikian.

8 Bahan Makanan Terbaik untuk Dikonsumsi Saat Isoman

Memenuhi kebutuhan gizi adalah hal yang penting bagi penderita Covid–19 yang sedang menjalani isolasi mandiri karena tubuh harus meningkatkan imunnya demi melawan virus. Berikut ini adalah daftar bahan makanan terbaik untuk Anda yang menjalani isoman, antara lain :

1. Jahe

Bumbu dapur ini tidak hanya sekedar memberikan cita rasa pedas saja, namun ternyata juga ampuh mengatasi sakit tenggorokan dan peradangan karena COVID-19. Selain itu, jahe juga bisa meningkatkan sistem imun tubuh untuk melawan virus. Anda bisa menyantapnya dengan menjadikan sebagai bumbu dalam masakan atau wedang.

2. Yoghurt

Yoghurt adalah salah satu menu makanan terbaik yang bisa meningkatkan sistem imun dalam tubuh, karena kaya dengan vitamin D yang bisa mengurangi resiko terkena infeksi saluran pernapasan akibat Covid-19. Anda bisa mengonsumsinya secara langsung atau bersama dengan buah-buahan.

3. Jambu Biji

Buah yang satu ini cocok untuk melengkapi menu makanan saat isoman di rumah karena di dalamnya mengandung serat tinggi yang terdiri atas alkaloid, polifenol, dan juga flavonoid untuk meningkatkan imun tubuh. Selain itu, polifenol dapat melawan radikal bebas sekaligus menetralisir racun.

4. Brokoli

Sayuran ini kaya akan vitamin C untuk meningkatkan imun. Menu ini cocok sekali untuk penderita asam lambung. Setiap 1 mangkuk kecilnya sama dengan 51 mg vitamin C. Jadi dengan mengonsumsinya, kebutuhan vitamin C Anda bisa terpenuhi dengan baik.

5. Ikan Salmon

Ikan salmon adalah salah satu menu sehat untuk dikonsumsi saat isoman karena kaya dengan kandungan Omega-3 yang bisa melawan peradangan dan insomnia. Beberapa penderita Covid-19 biasanya mengalami insomnia yang membuat imun semakin menurun. Nah, ikan salmon ini mampu menjadi sedative yang bisa mengatasi masalah tersebut.

6. Alpukat

Buah ini efektif untuk memperbaiki mood dan mengurangi kecemasan, depresi, dan stres. Itu karena di dalamnya mengandung asam lemak Omega-3, vitamin E, dan vitamin A. Anda bisa menyantapnya langsung untuk dijadikan salad atau diolah menjadi minuman jus alpukat.

7. Telur

Makanan berprotein hewani tinggi ini bisa meningkatkan imun tubuh dengan baik. Sehingga proses pemulihan terhadap infeksi virus menjadi lebih cepat. Telur, selain bisa memenuhi kebutuhan protein dalam tubuh juga mengandung karbohidrat yang bisa membantu melawan virus Corona.

8. Sayuran Berdaun Hijau

Sayuran adalah salah satu menu makanan wajib bagi penderita Covid-19 yang sedang isoman. Setidaknya, konsumsi 5 porsi atau setara dengan 400 gr sayuran hijau setiap hari. Karena di dalamnya kaya dengan serat, vitamin, dan mineral yang bisa meningkatkan imun serta memulihkan sel dengan baik.

Itu tadi adalah 8 bahan makanan terbaik yang bisa dikonsumsi penderita Covid-19 apabila sedang menjalani isoman. Semoga segera sembuh ya! 

Beriklan Jadi Lebih Mudah

Bagikan :