Makanan yang Ampuh untuk Meningkatkan Kerja Otak dan Kekuatan Memori

Makanan yang Ampuh untuk Meningkatkan Kerja Otak dan Kekuatan Memori

Kesehatan otak harus dijaga dengan baik karena itu adalah bagian tubuh paling penting. Otak bisa mempengaruhi semua kehidupan manusia, salah satunya dapat mengontrol kinerja anggota tubuh. Seperti kita ketahui bersama bahwa makanan sangat mempengaruhi struktur dan kesehatan otak. Makanan bisa mendukung fungsi otak untuk jangka pendek hingga jangka panjang. Karena otak merupakan organ yang butuh nutrisi tinggi dan memakai 20% kalori dalam tubuh, itulah sebab mengapa tingkat konsentrasinya harus  dijaga dengan baik agar bisa bekerja maksimal sepanjang hari.

6 Makanan Terbaik untuk Otak

Otak adalah bagian tubuh yang membutuhkan nutrisi tinggi supaya bisa membuatnya tetap sehat. Dalam hal ini, tubuh butuh asam lemak Omega-3 untuk memperbaiki sekaligus membangun sel otak. Di bawah ini adalah daftar makanan terbaik untuk meningkatkan kinerja otak dan kekuatan memori, antara lain :

1. Ikan 

Ikan yang berminyak kaya dengan kandungan asam lemak Omega-3 yang bisa membuat membran di setiap sel tubuh terbangun, termasuk di bagian sel otak. Maka dari itu ikan bisa memperbaiki struktur sel otak seperti neuron.

Orang yang memiliki kadar Omega-3 tinggi akan mengalami peningkatan aliran darah menuju otak yang bisa meningkatkan kemampuan berpikir karena fungsi otak bekerja dengan baik.

2. Cokelat Hitam

Makanan ini mengandung kakao dan flavonoid seperti antioksidan sehingga baik untuk menjaga kesehatan otak agar terbebas dari stres oksidatif. Mengonsumsi cokelat hitam seperti ini bisa membuat plastisitas otak meningkat. Karenanya cokelat hitam baik untuk dikonsumsi secara rutin untuk mengurangi resiko penurunan kognitif karena faktor usia dan juga penyakit otak.

3. Buah Beri

Strawberry, blueberry, dan juga acai berry mampu membuat kemampuan kognitif lebih baik meski tergerus oleh faktor usia karena di dalamnya mengandung antioksidan flavonoid tinggi. Jadi buah beri sangat baik untuk kesehatan otak, pencegah stres oksidatif, dan mengurangi masalah peradangan. Beberapa antioksidan yang terdapat dalam buah beri ini meliputi asam caffeic, antosianin, quercetin, dan juga catechin yang baik untuk kesehatan tubuh.

4. Kacang-kacangan & Biji-bijian

Kacang-kacangan dan biji-bijian mengandung antioksidan dan asam lemak Omega-3 tinggi yang mampu meningkatkan fungsi otak dengan baik meski kita sudah beranjak tua. Selain itu, makanan ini juga kaya antioksidan dan menjadi sumber vitamin E yang bisa melindungi sel dari masalah stres oksidatif akibat dari radikal bebas.

5. Alpukat

Buah ini memiliki kandungan vitamin E, vitamin C, dan antioksidan tinggi. Mengonsumsinya secara rutin mampu membuat Anda terhindar dari masalah Alzheimer yang seringkali menyerang para manula. Meski buah ini tinggi lemak, namun kandungan lemaknya merupakan lemak tidak jenuh tunggal sehingga aman dikonsumsi dan bermanfaat untuk menjaga kesehatan sirkulasi darah agar otak menjadi lebih sehat.

6. Brokoli

Brokoli adalah sumber serat makanan yang rendah kalori dan baik untuk menjaga kesehatan otak karena di dalamnya mengandung senyawa glukosinolat yang bisa menghasilkan  isotiosianat dalam tubuh saat dipecah.

Sayuran ini bisa menghambat terjadinya penurunan fungsi kognitif otak. Selain itu, brokoli juga kaya berbagai kandungan nutrisi penting untuk tubuh. Misalnya saja seperti folat, vitamin A, serat, dan lutein. Itulah kenapa sayuran berwarna hijau tua ini sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Nah, itu tadi adalah daftar makanan yang ampuh untuk meningkatkan kinerja otak sekaligus meningkatkan kekuatan memori. Dengan mengonsumsinya secara rutin, diharapkan bisa membantu otak menjadi lebih stabil dan meningkat kekuatan memorinya.


Beriklan Jadi Lebih Mudah

Bagikan :