Kuliner Yogyakarta yang Harus Dicoba

Kuliner Yogyakarta yang Harus Dicoba

Selain dikenal mempunyai kekayaan ragam budaya, kota Yogjakarta juga disebut dengan surganya kuliner. Mengingat terdapat berbagai macam olahan menu makanan Yogyakarta yang terkenal lezat dan populer. Jika membahas kuliner khas Yogyakarta, pasti sebagian besar orang langsung tertuju pada makanan tradisional legendarisnya yang masih tetap eksis hingga kini yaitu gudeg. Gudeg memang terkenal sebagai makanan yang sangat nikmat serta membutuhkan waktu lama dalam proses pembuatannya.

Namun selain gudeg, terdapat berbagai macam jenis makanan legendaris yang masih bisa ditemukan di Yogyakarta. Apakah kalian penasaran? Berikut ini yang merupakan kuliner Yogyakarta yang harus dicoba jika sedang berkunjung ke kota pelajar ini.

1. Sate klatak

Sate klatak ini merupakan kuliner yang tidak boleh dilewatkan ketika berkunjung ke Yogyakarta. Hampir serupa seperti sate pada umumnya, sate klatak menggunakan daging kambing sebagai bahan dasar pembuatannya. Tetapi yang membedakan sate klatak dengan sate lain yaitu tusuknya yang menggunakan jeruji sepeda. Penggunaan jeruji sepeda tersebut bertujuan untuk membuat daging matang secara sempurna dari dalam. Unik banget kan?

2. Bakmi jawa

Bakpia khas Jogja yang lebih populer disebut sebagai bakmi jawa adalah olahan bakmi rebus yang dimasak beserta bumbu-bumbu khas masakan Jawa. Bakmi jawa merupakan kuliner mie yang umumnya terbagi menjadi dua jenis, yaitu bakmi godog dan bakmi rebus. Tekstur dari bakmi jawa ini sangat lembut dengan memanjakan lidah dari rasa gurih. Maka tak heran banyak sekali yang menggemari bakmi jawa hingga kalian juga patut mencobanya.

3. Krecek

Krecek merupakan makanan khas Yogyakarta yang menggunakan kulit sapi sebagai bahan dasarnya. Kuliner yang satu ini memiliki rasa pedas dan gurih yang dijamin mampu mendampingi jika makan bersama manisnya rasa gudeg. Makanan yang biasanya disajikan bersama gudeg menggunakan bumbu santan, lengkuas, dan terasi. Jadi jika kalian sedang menikmati gudeg khas Yogyakarta, jangan lupa memesan krecek sebagai pendampingnya ya!

4. Bakpia Pathuk

Salah satu makanan legendaris khas Yogyakarta ini kerap dijadikan sebagai oleh-oleh ketika bertandang ke sana. Bakpia pathuk memiliki cita rasa yang manis dan teksturnya krispi. Oleh sebab itu, bakpia pathuk sering diburu oleh para wisatawan. Selain berisi kacang hijau seperti bakpia pada umumnya, bakpia patung ini juga menyediakan berbagai varian rasa seperti coklat, keju bahkan ada juga yang rasa durian. Menikmati bakpia sangat cocok didampingi dengan secangkir teh hangat.

5. Nasi tiwul gunung kidul

Seperti namanya, nasi tiwul ini adalah makanan khas yang berasal dari kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Nasi tiwul terbuat dari tepung gaple atau singkong yang telah dikeringkan yang sudah melalui proses dengan penggilingan. Dahulu, makanan ini menjadi makanan pokok masyarakat Gunungkidul, namun sekarang nasi tiwul sudah dibentuk menjadi berbagai macam varian. Umumnya nasi tiwul bisa dicampur dengan parutan kelapa, sehingga cita rasa yang dihasilkan adalah gurih dan manis.

6. Oseng-oseng mercon

Pasangan yang bertujuan menggunakan bahan dasar lemak sapi atau koyor dan cabe rawit. Kuliner khas Yogyakarta ini sangat cocok untuk Anda yang menggemari makanan pedas. Karena biasanya oseng-oseng mercon ini mempunyai sensasi rasa pedas di atas rata-rata. Kuliner oseng-oseng mercon ini patut dicoba karena menawarkan cita rasa yang unik dan pedas.

Itulah kuliner khas Yogyakarta yang patut dicoba. Semua jenis makanan tersebut bisa ditemukan hampir di seluruh penjuru daerah Yogyakarta. Selamat mencoba!

Referensi:

https://www.merdeka.com/jateng/7-makanan-legendaris-yogyakarta-lezat-dan-wajib-dicoba-kln.html?page=all

https://www.idntimes.com/food/dining-guide/naufal-al-rahman-1/makanan-khas-yogyakarta-yang-legendaris/6

Beriklan Jadi Lebih Mudah

Bagikan :