Cara  Mengatur Pola Makan Anak Sejak Dini

Cara Mengatur Pola Makan Anak Sejak Dini

Pola makan anak yang sehat harus dibiasakan sejak dini sehingga ketika beranjak dewasa mereka telah mengerti pola makan seperti apa yang baik untuk tubuh. Ada banyak manfaat yang didapatkan oleh si kecil bila terbiasa menerapkan pola makan yang sehat. Tumbuh kembang terjadi secara optimal dan terhindar dari obesitas, malnutrisi, serta masalah kesehatan lainnya.

Nutrisi Terbaik untuk Anak

Komposisi makanan sehat untuk anak harus memenuhi gizi yang seimbang. Di bawah ini adalah beberapa nutrisi penting yang harus ada dalam menu harian anak, antara lain:

1. Karbohidrat

Nutrisi ini merupakan sumber energi utama untuk tubuh. Ada 2 jenis karbohidrat yang perlu dipenuhi, yaitu karbohidrat sederhana dan kompleks. Karbohidrat sederhana adalah makanan manis atau gula. Sedangkan karbohidrat kompleks adalah makanan pokok seperti kentang, pasta, dan nasi.

2. Protein

Selain aktif menjadi zat pembangun jaringan tubuh, protein juga digunakan untuk memperbaiki jaringan tubuh yang rusak. Anak-anak membutuhkan protein untuk memaksimalkan proses tumbuh kembangnya. Anda bisa memberikan 2 jenis protein, yaitu protein nabati dan hewani.

3. Serat

Nutrisi ini sangat penting untuk tubuh si kecil karena bisa mengontrol berat badan dan kadar gula darah mereka. Di samping itu, serat juga baik untuk menjaga organ pencernaan supaya tetap sehat. Biasakan anak makan sayur dan buah-buahan setiap hari sehingga mereka terbiasa mengonsumsi makanan berserat sejak dini. Karena biasanya anak paling enggan dan malas makan sayur-sayuran, ini menjadi PR yang perlu diperhatikan bagi para ibu.

4. Lemak

Lemak berfungsi untuk menjaga kesehatan si kecil. Lemak akan membantu proses penyerapan sejumlah vitamin, sebagai sumber energi, dan mampu mengatur suhu tubuh agar lebih stabil. Ada 2 jenis lemak yang perlu Anda ketahui, yaitu lemak baik dan jahat. Lemak baik bisa ditemukan pada kacang-kacangan, tuna, dan alpukat.

Cara Mengatur Pola Makan Anak

Di bawah ini adalah cara mengatur pola makan yang sehat untuk anak supaya tumbuh kembangnya terjaga dengan baik:

1.Pola makan teratur. 

Selain memperhatikan nutrisinya, biasakan mengatur jam makan dengan baik. Misalnya dengan membiasakan sarapan pada pukul 6 atau pukul 7. Kemudian makan siang pada pukul 12 siang, dan makan malam pukul 6 sore atau 7 malam.

2.Selain membiasakan mengatur 3x makan sehari menggunakan makanan utama, berikan juga makanan selingan 2x sehari saat sarapan dan makan siang atau di antara makan siang dan malam sehingga kebutuhan nutrisi harian anak terpenuhi dengan baik. Namun sebaiknya makanan selingan yang diberikan jangan melebihi jumlah makanan utama supaya tidak mengakibatkan obesitas.

3.Buatlah sejumlah pantangan untuk mereka dengan kesepakatan yang menyertai. Misalnya dengan membatasi makanan dan minuman yang mengandung gula tinggi, lemak jahat, dan garam. Hanya berikan makanan tersebut dalam perayaan khusus saja, misalnya  saat sedang merayakan hari ulang tahunnya.

Pola makan anak yang sehat harus dibiasakan sejak dini. Supaya mereka bisa lebih mudah melakukan kebiasaan sehat tersebut, anggota keluarga di rumah wajib memberikan contoh yang nyata sehingga anak tahu bagaimana pola makan yang sehat dan baik.

Beriklan Jadi Lebih Mudah

Bagikan :