Kepikiran Bikin Tempe Sendiri di Rumah? Begini Caranya!

Kepikiran Bikin Tempe Sendiri di Rumah? Begini Caranya!

Tempe adalah salah satu menu makanan yang disukai banyak orang. Ada banyak variasi menu yang bisa diolah dari produk fermentasi tersebut. Selain rasanya enak, tempe juga kaya gizi dan harganya terjangkau sehingga tidak heran bila tempe disukai oleh banyak orang. Menariknya lagi, ternyata cara pembuatannya pun mudah. Anda hanya membutuhkan biji kedelai yang kemudian difermentasikan menjadi tempe.

Kandungan Nutrisi pada Tempe

Proses pembuatan tempe dilakukan melalui fermentasi dari berbagai macam jamur seperti Rh. Oryzae atau Rh. Arrhizus, dan Rhizopus Oligosporus. Jamur-jamur tersebut dihasilkan oleh ragi tempe. Dan ternyata dalam sepotong atau setara dengan 100 gr tempe, terkandung protein sebanyak 20 gr. Selain itu, di dalamnya juga terdapat nutrisi yang lengkap seperti pada daging.

Beberapa kandungan mineral yang ada di dalam tempe adalah fosfor, zat besi, magnesium, kalsium, vitamin B6, vitamin A, dan asam folat. Senyawa tersebut bisa membantu jaringan otot menjadi lebih kuat sehingga enzim yang dibutuhkan sel tubuh dapat bekerja dengan baik.

Tempe cocok sekali untuk Anda yang sedang menjalankan diet sehat yang lezat. Karena bahan makanan ini bisa diolah menjadi berbagai macam menu makanan yang nikmat untuk disantap.

Langkah Membuat Tempe Sendiri di Rumah

Siapa sangka bila ternyata membuat tempe itu mudah. Anda hanya perlu menyiapkan kedelai yang bagus agar tempe yang dihasilkan juga enak. Di bawah ini adalah beberapa langkah membuat tempe sendiri di rumah, antara lain:

1.Cuci kedelai sampai bersih agar semua kotoran hilang. Lalu, rendam ke dalam air dingin hingga 18 jam. Pastikan semua bagian terendam dengan baik dan sempurna sehingga kedelai menjadi lebih lunak dan proses perebusan semakin cepat. Sambil direndam, remas-remas sesekali supaya kulit arinya lepas.

2.Selanjutnya buang kulit ari yang sudah terlepas. Anda bisa melakukannya dengan cara diayak supaya lebih cepat. Bila sudah, segera cuci sampai benar-benar bersih dan rebus kedelai hingga 45 menit atau sampai lunak.  

3.Setelah itu, keringkan dan dinginkan kedelai menggunakan saringan dan kipas angin sebelum diberi ragi agar fementasi bisa berjalan dengan baik. Karena mikroorganisme pada tempe yang dihasilkan bisa mati bila kedelai masih panas. Selanjutnya, aduk kedelai dengan ragi hingga rata menggunakan perbandingan 1 kg kedelai dengan 1 sendok makan ragi tempe.

4.Bungkus kedelai ke tempat kedap udara seperti plastik atau daun pisang. Bila menggunakan plastik, sebaiknya beri sedikit lubang supaya sirkulasi udaranya bagus. Proses fermentasi ini akan berlangsung mulai dari 24 hingga 48 jam dalam suhu ruangan. Suhunya harus stabil, tidak boleh terlalu panas maupun dingin.

5.Jangan menatanya dengan cara ditumpuk karena proses fermentasi menghasilkan udara yang panas. Bila sudah 48 jam berlangsung, lakukan pengecekan. Bila sudah padat dan ada aroma khas yang muncul, artinya tempe sudah siap untuk diolah atau dijadikan sebagai menu tambahan masakan dan lauk pauk.

Seperti itulah kandungan nutrisi tempe dan langkah untuk membuatnya sendiri di rumah. Kapan jadi, kapan Anda akan mencobanya? 

Beriklan Jadi Lebih Mudah

Bagikan :