Kenali Lebih Jauh Sistem Belanja dengan Pre-Order

Kenali Lebih Jauh Sistem Belanja dengan Pre-Order

Pre-order atau biasa akrab disingkat menjadi PO adalah sebuah sistem belanja di mana pembeli memesan dan membayar terlebih dahulu di awal, dengan perkiraan waktu tunggu yang telah diinformasikan sebelumnya. Singkatnya, PO adalah Anda melakukan pembayaran untuk produk yang masih akan dibuat atau belum ready stock.


Hal yang perlu diperhatikan dalam melakukan Pre-Order : 


1. Waktu tunggu yang telah diinformasikan adalah estimasi, yang berarti bahwa itu hanyalah perkiraan. Barang bisa ready untuk didistribusikan lebih cepat atau juga lebih lambat. Ini biasa terjadi pada pre-order produk yang memerlukan proses pembuatan berhari-hari. Misalnya pakaian, lukisan, atau barang kerajinan.


2. Prioritas pengiriman disesuaikan dengan tanggal pembayaran dari pembeli, bukan tanggal pemesanan. Contohnya, Anda memesan pada tanggal 9 dan melakukan pembayaran pada tanggal 19. Sedangkan pembeli lain melakukan pemesanan pada tanggal 11 tetapi ia melakukan pembayaran pada hari yang sama (tanggal 11). Maka ketika produk tersebut jadi, yang akan mendapatkan barangnya terlebih dahulu adalah customer lain tersebut dan bukan Anda.


3. Pengiriman barang Pre-Order tidak serta-merta dilakukan segera setelah Anda melakukan pembayaran. Ada tenggang waktu yang diperlukan untuk proses produksi, Quality Checking, dan juga Shipping.


4. Pre-Order bertujuan agar Anda bisa mendapatkan barang yang diinginkan tanpa khawatir kehabisan. Tetapi perlu dicatat pula bahwa Pre-Order ini memiliki batasan jumlah atau kuota yang artinya selama jumlah kuota masih tersedia, akan tetap dibuka Pre-Order hingga kuota habis. 


Anda sebagai pembeli, udah punya pengalaman apa saja dalam belanja dengan sistem ini ?


Cover source : https://www.freepik.com/photos/background

Pre Order Jauh Lebih Mudah

Bagikan :