Bahaya Junk Food

Bahaya Junk Food

Junk food merupakan makanan yang memiliki daya tarik sebagai salah satu santapan yang bisa dinikmati di berbagai kesempatan karena rasanya yang nikmat dan tentunya mudah di dapat. Jadi tak heran jika junk food menjadi salah satu makanan yang digemari oleh banyak orang. Di seluruh dunia pun banyak sekali restoran yang menyediakan makanan junk food.

Memang tidak ada salahnya jika sesekali mengkonsumsi junk food, namun jika terlalu sering mengkonsumsi junk food maka bisa menimbulkan berbagai masalah kesehatan. Bahkan saat ini terdapat sejumlah negara yang melarang masyarakatnya untuk membeli dan mengkonsumsi junk food khususnya bagi orang yang menderita obesitas atau berat badan berlebih. Mengapa? Hal itu disebabkan junk food umumnya mengandung lemak jenuh, gula serta sodium yang tinggi pada bumbu perisa nya.

Selain itu, junk food juga mengandung minim nutrisi. Sehingga kebutuhan tubuh akan nutrisi tidak akan tercukupi dengan konsumsi junk food. Hal ini jugalah yang membuat sebagian orang bertanya-tanya apa sebenarnya bahaya junk food, terutama bagi kesehatan? Berikut ini bahaya junk food apabila dikonsumsi bagi kesehatan tubuh, diantaranya:

1. Obesitas

Kapasitas atau berat badan berlebih merupakan salah satu dampak yang paling mudah dideteksi akibat mengkonsumsi junk food. Pada kenyataannya, junk food mengandung tinggi kalori meskipun untuk porsi anak-anak sekalipun. Selain itu junk food juga minim nutrisi seperti rendah serat, namun memiliki kandungan gula dan garam yang tinggi. Kombinasi tersebut bisa membuat tubuh tidak cepat merasa kenyang sehingga akan terus merasa ingin makan lebih banyak lagi. Pada akhirnya kondisi tersebut berujung pada obesitas.

2. Diabetes

Seseorang bisa beresiko dua kali lipat terkena penyakit diabetes apabila mengkonsumsi junk food lebih dari dua kali dalam seminggu. Kandungan lemak trans yang ada di dalam junk food bisa meningkatkan berat badan dan lemak perut sehingga dapat memicu resistensi insulin. Resistensi insulin tersebutlah yang dapat menyebabkan seseorang terkena diabetes.

3. Kanker

Junk food mengandung senyawa karsinogenik. Senyawa tersebut bisa mencetuskan penyakit kanker khususnya apabila makanan tersebut melalui proses penggorengan yang menggunakan minyak jenuh akibat pemakaian minyak berulang kali.

4. Penyakit jantung

Bahaya junk food selanjutnya bagi kesehatan adalah meningkatkan resiko penyakit jantung. Kandungan lemak trans kolesterol yang teroksidasi pada makanan yang digoreng pada junk food adalah penyebab utama penyumbatan dan juga kerusakan dinding pembuluh darah. Kondisi ini adalah ciri-ciri awal mula penyakit hipertensi atau tekanan tinggi, stroke dan penyakit jantung.

5. Masalah pernapasan

Kandungan kalori yang berlebih pada campur bisa menyebabkan penambahan berat badan sehingga akan berdampak juga pada masalah pernapasan di sistem saraf pusat, seperti meningkatkan resiko masalah pernapasan termasuk sesak nafas dan asma. Berat badan berlebih akan memberikan tekanan pada jantung dan juga paru-paru, akibatnya seseorang yang mengalami obesitas akan mengalami kesulitan bernapas ketika berjalan menaiki tangga atau bahkan berolahraga. Bahkan terdapat studi yang menemukan jika anak-anak yang mengkonsumsi junk food setidaknya 3 kali dalam seminggu dapat meningkatkan resiko terkena penyakit asma.

6. Meningkatkan risiko demensia

Beresiko terkena penyakit demensia adalah salah satu penemuan paling menakutkan yang berhubungan dengan mengkonsumsi junk food. Dengan mengkonsumsi terlalu banyak lemak pada junk food bisa meningkatkan kadar insulin dalam tubuh. Apabila insulin meningkat otak bisa berhenti merespon hormon dan menjadi resisten terhadap nya. Hal tersebut dapat membatasi kemampuan seseorang dalam berpikir, mengingat, dan membuat ingatan baru sehingga meningkatkan risiko demensia.

Itulah beberapa atau bahaya akibat mengkonsumsi junk food. Semoga bermanfaat!

Referensi:

https://www.merdeka.com/jatim/8-bahaya-konsumsi-junk-food-bagi-kesehatan-tubuh-picu-penyakit-mematikan-kln.html?page=all

https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/2696499/waspada-inilah-deretan-penyakit-akibat-junk-food

Beriklan Jadi Lebih Mudah

Bagikan :