Decluttering, Lifestyle Jaman Now yang Punya Banyak Manfaat

Decluttering, Lifestyle Jaman Now yang Punya Banyak Manfaat

    Decluttering biasa diartikan sebagai aktivitas bebersih untuk mengeliminasi benda-benda yang sudah jarang dipakai agar ruangan menjadi lebih rapi, nyaman, dan tentu saja enak dipandang. Perbedaan decluttering dengan bersih-bersih biasa adalah, dalam decluttering ada kegiatan sortir-menyortir barang. Mana yang sering digunakan, jarang digunakan, atau bahkan sudah tidak terpakai lagi. Idealnya, decluttering ini dilakukan secara langsung terhadap semua ruangan di seisi rumah. Jadi, Anda memang harus menyediakan waktu khusus untuk melakukannya.


Ada 4 metode decluttering yang cukup dikenal luas dan bisa Anda coba dalam melakukannya di rumah. Pilih yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda ya.


1. Metode 4 Kotak

Dengan bantuan empat buah kotak yang dipersiapkan sebelum memulai kegiatan decluttering, sepertinya ini adalah cara paling simple yang bisa Anda coba. Pilihlah kotak atau kardus berukuran besar yang bisa memuat barang-barang yang akan diseleksi. Setiap kotak diberi tulisan atau tanda sesuai kategori; yaitu simpan, pindahkan, buang, dan berikan. Kotak dengan kategori simpan bisa Anda gunakan untuk menyimpan barang-barang yang akan disimpan. Kategori pindahkan berisi beberapa barang yang akan dipindahkan dari tempatnya sekarang ke tempat baru. Lalu untuk kategori buang,  ditujukan untuk beberapa benda yang sudah tak dibutuhkan lagi. Terakhir, kotak kategori berikan diisi dengan barang-barang sudah tidak Anda pakai, tetapi masih bisa bermanfaat.


2. Metode KonMari

Metode KonMari diciptakan oleh seorang pengarang buku terkenal bernama Marie Kondo. Dalam bukunya ‘The Life-Changing Magic of Tidying Up’, Ia merancang KonMari Method dalam dua kegiatan berbeda. Yang pertama adalah daily tidying dan kedua special event tidying. Daily Tidying merupakan cara untuk menata kembali barang-barang yang telah dipakai ke tempat semula dengan rapi. Sementara Special Event Tidying adalah kegiatan yang berisi kegiatan beberes itu sendiri. Jadi, inti dari Metode KonMari ini adalah membuang barang-barang yang sudah tidak digunakan dan tidak diperlukan lagi untuk menciptakan gaya hidup minimalis yang diinginkan.


3. Metode Minimalist Game

Metode ini dicetuskan oleh Joshua Fields Millburn dan Ryan Nicodemus, di mana kegiatan beberes dilakukan secara menarik melalui berbagai macam game. Anda bisa mencari contohnya di berbagai media sosial dengan tagar #minsgame. Metode Minimalist Game yang paling terkenal biasanya dilakukan pada awal bulan. Game dimulai dengan menyingkirkan barang-barang yang tidak diperlukan sesuai tanggal. Apabila memulainya pada tanggal 1, maka Anda harus menyingkirkan satu barang di tanggal tersebut. Selanjutnya pada tanggal 2, Anda kembali harus menyingkirkan dua barang, dan seterusnya. Metode beberes ini menjadi rekomendasi bagi Anda yang setiap harinya tak memiliki banyak waktu luang alias sibuk dengan berbagai aktivitas setiap hari.


4. Metode Packing Party

Bukan hanya Metode Minimalist Game, ternyata Joshua Fields Millburn dan Ryan Nicodemus juga menciptakan metode decluttering lainnya. Metode ini bernama Metode Packing Party, di mana Anda membayangkan seolah akan melakukan pindahan. Jadi, nantinya Anda hanya akan membawa barang-barang yang memang penting saja, kemudian menyimpan barang-barang yang sudah tidak digunakan.


Nah, setelah mengetahui beberapa alternatif metode yang bisa dipraktekkan dalam Anda melakukan decluttering, yuk disimak lagi manfaat yang bisa Anda dapatkan setelah melakukannya. Biar makin semangat ni bikin rumah jadi lebih rapi dan nyaman ditempati.



Manfaat Decluttering


1. Membuat ruangan menjadi lebih sehat

Tempat di mana Anda tinggal akan sangat memengaruhi kesehatan Anda yang menjadi penghuninya. Orang dengan rumah yang ada dalam kondisi bersih, tertata, dan tidak penuh sesak dengan barang-barang cenderung memiliki kesehatan yang lebih baik. Anda akan jauh dari virus dan bakteri yang biasanya hadir di tempat-tempat kotor.


2. Mengontrol kehidupan yang dijalani

Melakukan aktivitas beberes juga memberikan kendali terhadap kehidupan. Anda akan merasa memiliki kontrol atas kehidupan sehingga tidak diatur oleh keadaan sekitar. Dengan begitu, Anda bisa lebih fokus melakukan lebih banyak aktivitas dan tidak terjebak pada kebiasaan yang berulang.


3. Menstabilkan mood

Mencium aroma sabun atau pengharum ruangan dipercaya mampu meredakan kecemasan. Terlebih lagi, sprai yang bersih pun bisa membuat Anda mendapatkan tidur yang lebih berkualitas sehingga memberikan suasana hati yang lebih baik. Melakukan aktivitas beberes akan membantu Anda mengurangi stres, perasaan cemas, dan gejala depresi.


4. Meningkatkan fokus

Tempat yang bersih tentunya akan membuat seseorang yang berada di dalamnya terbantu untuk lebih produktif. Jika Anda sedang kesulitan untuk fokus saat ini, cobalah bangun dan mulai merapikan ruangan. Buang barang yang sekiranya sudah tidak digunakan atau batasi jumlah barang yang disimpan. Hal ini dapat mengurangi perhatian otak pada benda-benda yang Anda punya. 


5. Memudahkan kita mencari sesuatu

Dengan decluttering, Anda akan memiliki lebih banyak ruang. Hal ini memberikan keleluasaan untuk menemukan barang yang dibutuhkan tanpa terganggu oleh banyaknya benda lainnya yang sesungguhnya tidak terlalu diperlukan. Anda pun akan lebih mudah mengingat lokasi penyimpanan keperluan Anda dengan lebih detail.



Yuk mulai jadwalkan kapan akan melakukan ini!

Cover source : https://www.freepik.com/photos/clothes

Pre Order Jauh Lebih Mudah

Bagikan :