Bagaimana Stres Bisa Mempengaruhi Kesehatan Tubuh? Ini Penjelasannya!

Bagaimana Stres Bisa Mempengaruhi Kesehatan Tubuh? Ini Penjelasannya!

Stres merupakan salah satu emosi negatif yang pasti pernah dialami semua orang. Pemicu stres ada banyak. Di antaranya tumpukan tugas, pekerjaan dengan deadline mepet, serta berbagai masalah dalam hidup seperti perekonomian atau keuangan, karier, dan juga kesehatan. Jika Anda mengalami stres, alangkah baiknya untuk segera mencari cara agar stres bisa dikelola dengan baik. Sebab jika tidak, kesehatan tubuh Anda akan terganggu. 

Pengaruh Stres terhadap Kesehatan Tubuh

Di bawah ini ada beberapa bagian tubuh yang mungkin terganggu akibat stres yang tidak dikendalikan, antara lain :

1. Sistem Endokrin dan Saraf Pusat 

Sistem endokrin dan saraf pusat sangat berpengaruh saat tubuh merespon stres. Di dalam pikiran kita akan muncul dua keinginan yaitu fight atau flight. Artinya Anda akan diminta untuk memilih bertahan dan melawan kondisi stres tersebut atau lari darinya. Selain itu, saraf pusat pada manusia juga menghasilkan hormon stres yaitu kortisol yang akan membuat Anda semakin terlarut dalam kesedihan bila terus-menerus mengalami stres.

2. Sistem Pernapasan 

Sistem pernapasan Anda juga akan mengalami gangguan jika stres yang datang tidak bisa dikelola dengan baik. Akibatnya kerja jantung akan semakin keras dan aliran darah ke seluruh tubuh terhambat. Hal ini tentu berakibat buruk pada orang yang memiliki riwayat penyakit asma karena napasnya bisa lebih cepat dan bahkan ada yang sampai terkena panic attack. Itulah kenapa orang yang sedang mengalami stres biasanya nafasnya menjadi pendek.

3. Kesehatan Mental 

Stres yang tidak dikelola dengan baik tentu akan mempengaruhi kesehatan mental Anda. Ketika seseorang terpuruk dalam kesedihan, hal tersebut akan menurunkan hormon penyebab kebahagiaan. Orang tersebut tidak akan bisa berkonsentrasi, susah untuk berinteraksi, dan aktivitas sehari-hari akan terganggu. 

4. Sistem Pencernaan 

Selain berdampak buruk pada sistem pernapasan serta kesehatan mental dan saraf pusat, orang yang berlarut-larut berada dalam kesedihan akan mengalami gangguan pencernaan. Jika Anda stres biasanya nafsu makan menjadi menurun atau bahkan bertambah tak terkendali yang bisa menyebabkan penyakit. Salah satunya maag dan asam lambung yang bila dibiarkan begitu saja bisa menimbulkan efek yang berbahaya bahkan kematian. 

5. Sistem Imun Menurun

Stres yang berlarut-larut juga akan mempengaruhi sistem kekebalan tubuh Anda. Saat stres, Anda jadi tidak nafsu makan dan mengalami gangguan tidur seperti insomnia. Jika sudah seperti itu, maka semakin hari sistem kekebalan tubuh Anda akan mengalami penurunan. Dan akibatnya virus akan mudah masuk ke tubuh. 

Sering kita lihat bahwa orang yang stres lebih mudah terkena penyakit seperti demam dan influenza. Hal ini disebabkan oleh sistem imun yang lemah. Itulah kenapa Anda harus mencari solusi terbaik untuk mengatasinya dengan melakukan berbagai macam kegiatan yang disukai. Karena beberapa dampak stres bagi kesehatan tubuh di atas sangat berbahaya jika tidak diperhatikan. 

Stres yang dikelola dengan baik tidak akan berpengaruh pada kesehatan. Anda harus melakukan cara untuk melepaskan stres seperti bercerita kepada teman atau keluarga, rajin berolahraga, dan menjaga pola makan setiap harinya dengan baik.


Beriklan Jadi Lebih Mudah

Bagikan :