Seperti Inilah Tips Memilih Durian yang Enak dan Manis

Seperti Inilah Tips Memilih Durian yang Enak dan Manis

Durian merupakan salah satu jenis buah yang disukai oleh semua orang dan berhasil tumbuh subur di Tanah Air. Jadi Anda tidak perlu berkunjung ke Thailand hanya untuk mencobanya. Di Indonesia, ada banyak tempat penghasil durian yang sangat lezat dan nikmat. Biasanya di Tanah Air kita, musim durian itu jatuh pada bulan September hingga Februari.

Namun meski begitu, sebaiknya Anda harus mengenal ciri-ciri dari durian yang enak dan matang. Pasalnya meski buah ini banyak ditemukan dimana-mana, namun ternyata ada juga pedagang nakal yang menjual durian mentah. Sehingga rasanya menjadi tidak enak.

9 Tips Memilih Durian yang Enak

Di bawah ini adalah beberapa cara memilih buah durian yang tepat, enak, dan manis, antara lain:

1.Untuk mengetahui apakah buahnya enak atau tidak itu tidak dilihat dari warnanya saja. Karena warna tidak akan mempengaruhi rasa isinya. Umumnya durian punya 3 pilihan warna, yaitu hijau, coklat, dan kuning. 

2.Sebaiknya pilihlah buah durian yang bentuknya bulat. Bila ingin mendapatkan isi kuning buah yang jumlahnya banyak, maka pilihlah yang berbentuk bulat buahnya. Karena buah durian yang lonjong itu dagingnya lebih sedikit daripada yang bentuknya bulat.

3.Perhatikan bagian tangkainya untuk melihat ketebalan daging buahnya. Durian yang memiliki tangkai pendek dan tebal itu isinya lebih tebal dan banyak. Sedangkan bila tangkainya panjang dan ramping, maka isi dagingnya pasti sedikit dan tidak begitu tebal.

4.Buah durian yang enak dan lezat itu pasti akan tercium aromanya ketika Anda mengangkat buah duriannya tanpa harus dibelah. Jadi cukup angkat buahnya dan cium mengunakan hidung. Durian yang berkualitas pasti aromanya khas meski belum disayat atau dibelah kulitnya.

5.Durian yang durinya jarang dan pendek itu biasanya buahnya banyak dan rasanya lebih manis. Sebaliknya bila durinya rapat dan panjang, biasanya daging buahnya sedikit.

6.Ada baiknya bila Anda memilih durian yang beratnya ringan. Karena semakin berat buahnya, isinya menjadi semakin banyak, bukan buahnya. Sehingga Anda tidak bisa merasakan kelezatan dari buahnya sepuasnya.

7.Untuk mendapatkan durian yang tepat, ketuk buahnya. Karena ciri-ciri durian yang matang itu bisa dilihat dengan cara mengetuk buahnya menggunakan pisau. Cermati bunyinya karena durian yang belum matang pasti bunyinya nyaring, “plek plek” suaranya saat diketuk. Sedangkan durian yang matang pasti bunyinya agak berat, seperti “bluk-bluk”.

8.Sebaiknya jangan pernah membeli durian yang sudah dibuka oleh penjualnya sebelumnya. Karena rasa manis durian itu biasanya tidak akan semanis buah yang masih tertutup. Jadi sebaiknya pilih yang kulitnya tertutup rapat. Lagipula kulit yang sudah terbuka pasti terkontaminasi angin sehingga rasanya menjadi hambar.

9.Bila ingin membeli durian, sebaiknya belilah pada musim tertentu. Mengingat di Indonesia itu musim hujannya selalu diawali pada bulan November, jadi durian yang dibeli disaat itu pasti dagingnya tidak begitu manis. Maka dari itu bila mencari yang rasanya legit dan manis, belilah ketika musim kemarau di bulan September hingga Oktober.

Jadi seperti itulah cara memilih durian yang matang dan pastinya enak disantap. Maka dari itu sebelum membeli buah durian, sebaiknya perhatikan dulu beberapa tahapan di atas supaya tidak salah pilih. Karena meski buahnya cukup populer di Tanah Air, namun tidak semua yang dijual rasanya manis seperti yang diharapkan. Jadi sebagai pembeli harus cerdas!

Beriklan Jadi Lebih Mudah

Bagikan :