Cara Membedakan Sayur dan Buah yang Segar

Cara Membedakan Sayur dan Buah yang Segar

Memiliki tubuh yang sehat dan bugar adalah dambaan semua orang. Supaya kita bisa memiliki kondisi tubuh yang sehat dan bugar, maka dibutuhkan upaya yang tidak mudah. Kita harus menerapkan pola hidup yang sehat dan menjaga asupan makanan. Sayur dan buah sangat bagus untuk menjaga kebugaran tubuh. Dengan mengkonsumsi sayur dan buah-buahan, maka bisa memenuhi akan vitamin dan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. 

Supaya kita bisa mendapatkan vitamin dan nutrisi yang baik secara utuh dari sayur dan buah-buahan, maka sayur dan buah tersebut harus dalam kondisi yang segar. Kita harus bisa membedakan mana buah dan sayuran yang segar untuk dikonsumsi. Sebenarnya ada banyak perbedaan yang bisa menentukan bahwa buah atau sayur tersebut dalam kondisi baik dan segar. Nah berikut ini yang merupakan cara membedakan sayur dan buah yang segar, antara lain:

1. Membedakan dengan warna

Hal pertama yang bisa membedakan bahwa sayur dan buah tersebut segar yaitu memperhatikan warnanya. Buah dan sayuran yang masih dalam kondisi baik dan segar pastinya mempunyai warna yang cerah. Namun sebaliknya, jika sayur dan buah tersebut sudah tidak segar biasanya akan menunjukkan perubahan warna yang kusam. Sayur yang sudah tidak sabar juga biasanya menunjukkan warna daun yang kekuningan.

2. Membedakan dengan tekstur kulit

Selanjutnya kalian bisa membedakan sayur dan buah yang segar melalui tekstur kulit. Tekstur yang baik dari tiap sayur dan tiap buah yang segar memiliki tekstur yang berbeda-beda. Misalnya seperti pada buah alpukat, jika dalam kondisi matang maka teksturnya agak empuk. Sedangkan semangka dan apel mempunyai tekstur yang keras jika sudah matang dan masih segar. Untuk tekstur sayur, jika sayur tersebut sudah tidak segar maka kondisinya layu dan lemas.

3. Membedakan dengan aroma

Membedakan dengan aroma biasanya lebih sering terjadi untuk membedakan kondisi buah. Pastinya setiap jenis buah mempunyai aroma yang berbeda-beda ketika sudah matang. Buah yang masih segar pasti akan mengeluarkan aroma yang menggiurkan, namun jika buah tersebut sudah tidak segar biasanya aromanya sudah tidak terlalu kuat bahkan cenderung kurang enak. Kamu juga bisa membedakan sayuran yang segar dan yang sudah busuk dengan mencium dari aromanya.

4. Membedakan dengan kondisi sayur dan buah

Kondisi sayur yang masih segar tidak memiliki bercak putih. Kondisi sayur yang masih segar juga tidak tidak menampilkan banyak akar seperti pada kentang dan wortel. Sedangkan kondisi buah yang segar bentuknya masih utuh dan tidak terdapat bonyok atau memar.

5. Belum dicuci

Sayur atau buah yang segar biasanya menampilkan debu atau tanah yang menandakan bahwa sayur dan buah tersebut belum dicuci. Karena jika sayur dan buah dicuci akan lebih mudah busuk atau layu. Jadi kamu bisa memilih sayur maupun buah yang masih terlihat sedikit kotor karena tanah. Sayuran yang masih segar seperti kangkung atau bayam bisa dengan mudah diketahui apakah sudah dicuci atau belum karena bekas tanah akan sangat tampak pada sayuran tersebut ketika belum dicuci.

Selain mengetahui cara membedakan sayur dan buah yang segar, supaya kamu bisa mendapatkan nutrisi yang baik dari sayur maupun buah, pastikan kamu tidak memilih sayur dan buah yang menggunakan pestisida. Ciri-ciri sayur dan buah yang berpestisida adalah memiliki bercak putih di bagian luarnya. Demikianlah ulasan cara membedakan sayur dan buah yang segar. Semoga bermanfaat!

Referensi:

https://starglammagz.com/2020/04/09/bagaimana-cara-memilih-buah-dan-sayur-yang-segar/

http://www.hypermart.co.id/blog-post/cara-memilih-buah-dan-sayur-yang-baik-2/

Pre Order Jauh Lebih Mudah

Bagikan :